Sukses

Pengamanan 6 Gereja di Jakpus Diperketat Jelang Natal

Jika ada permintaan sterilisasi, nantinya Tim Gegana akan langsung bergerak ke lokasi guna melakukan sterilisasi.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang perayaan Natal, aparat Polres Metro Jakarta Pusat bersiaga meningkatkan keamanan, khususnya di tempat ibadah umat Kristiani.

Enam dari 125 gereja di kawasan Jakarta Pusat akan mendapat penjagaan lebih, yakni Gereja Katedral di kawasan Sawah Besar, Gereja Imanuel di kawasan Gambir, Gereja Kanisius, Theresia, Paulus, dan Anglikan di kawasan Menteng.

"Enam gereja itu yang mendapatkan proritas," ucap Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Polisi Suyatno di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Total jumlah petugas yang akan diturunkan menjaga gereja tersebut 368 personel. Namun, tak menutup kemungkinan personel kepolisian akan ditambah berdasarkan kebutuhan di lapangan.

"Nanti jika dibutuhkan penebalan kekuatan dibutuhkan, kami akan siapkan seperti Gegana, K9 dan lain-lain," jelas Suyatno.

Dia pun memberikan saran kepada para pengurus gereja di kawasan Jakarta Pusat yang membutuhkan sterilisasi lokasi sebelum pelaksanaan ibadah Natal untuk menginformasikan kepada pihaknya.

"Bagi gereja yang ada di wilayah hukum kita bisa informasikan melalui telepon atau datang langsung ke Polres Jakarta Pusat, nanti kita tindak lanjuti," kata Suyatno.

Dia menjelaskan, apabila ada permintaan sterilisasi maka nantinya Tim Gegana akan langsung bergerak ke lokasi guna melakukan sterilisasi. Sterilisasi biasanya dilakukan tiga jam sebelum pelaksanaan ibadah Natal.

"Setiap polres sudah disiapkan satu Tim Gegana. Jadi kalau ada yang minta langsung diterjunkan," pungkas Suyatno.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.