Sukses

Hadapi Puncak Musim Hujan, 24 Pompa Air Siaga di Jakarta Utara

BMKG memprediksi siang hingga sore nanti wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan.

Liputan6.com, Jakarta Mengantisipasi meningkatnya debit air saat puncak musim hujan nanti, Suku Dinas Tata Air Jakarta Utara menyiagakan 24 pompa air statis di 14 rumah pompa se-Jakarta Utara.

"Semua dalam kondisi siaga. Bila terjadi peningkatan debit, pompa akan dimaksimalkan," ujar Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Utara Herning Wahyuningsih, seperti dikutip dari beritajakarta.com, Kamis (15/12/2016).

Ke-14 rumah pompa itu adalah Rumah Pompa Gaya Motor 1, Gaya Motor 2, Bendungan Melayu, Sindang, Pinang, Lagoa, Cilincing, Kapuk 3, Kamal Muara, Kapuk Muara SMP 122, Kapuk 18, Kampung Gusti, Bimoli dan Luar Batang.

Masing-masing rumah pompa diperkuat satu hingga tiga unit pompa dengan kekuatan 0,1-2 meter kubik per detik.

"Kendala hanya sampah kadang menyangkut di pompa. Untuk itu kita sudah punya tim yang khusus menangani," ujar Herning.

Saat ini wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya tengah mengalami musim hujan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, siang hingga sore nanti wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan, antara siang dan sore hari, potensi hujan ringan hingga sedang akan mengguyur Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Tangerang, Depok, Bekasi dan Bogor.

Pada malam hari, potensi hujan ringan terjadi di Kepulauan Seribu, Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor.

Sementara itu, suhu udara di Jakarta mencapai 23-33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-95 persen, dan kecepatan angin Barat Daya-Barat Laut 08-35 kilometer per jam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.