Sukses

Jejak Paket Terduga Teroris Bekasi di Cirebon

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu terduga teroris yang ditangkap di Bekasi mengirimkan paket kepada orangtuanya di Cirebon, Jawa Barat. Paket tersebut kini telah diamankan Densus 88 Anti Teror Mabes Polri.

"Kemudian paket tersebut diambil dan dibuka oleh anggota Densus yang isinya ditemukan barang-barang berupa pakaian dan SURAT WASIAT dari Dian Yuli Novi (DYN) kepada kedua orangtuanya. Adapun isi surat wasiat tersebut menyatakan kesiapan Dian Yuli Novi (DYN) untuk melakukan amaliyah," kata Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Martinus Sitompul.

Hal itu disampaikan dia dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Sabtu (10/12/2016). Ia menjelaskan, paket tersebut diamankan tim Densus di Kantor Pos sekitar wilayah Bintara, Bekasi, Jawa Barat.

Martinus menambahkan, Densus telah membuntuti Nur Solihin dan Agus Supriyadi sejak dari Solo yang menuju Jakarta. Kedua menumpangi kendaraan ALYA berpelat Jakarta.

"Setibanya di Jakarta, kendaraan yang ditumpangi Nur Solihin dan Agus Supriyadi menjemput Dian Yulia Novi di daerah Pondok Kopi yang membawa sebuah kardus," ungkap Martinus.

2 dari 2 halaman

Paket Cirebon

Usai penangkapan, tim Densus 88 menuju ke rumah orang tua DYN di Cirebon, Jawa Barat yang diduga menerima paket. Pantauan Liputan6.com, susana di rumah terduga teroris berinisial DYN di blok Jatiwaluya, Desa Bakung Lor, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon masih lengang.

"Tidak ada apa-apa mas. Polisi juga tidak kelihatan," ujar salah seorang warga setempat, Kirno, Sabtu (10/12/2016).

Warga juga mengaku belum melihat adanya kendaraan polisi maupun tim Densus 88 yang direncakan akan melakukan penggeledahan. Bahkan, hingga cuaca hujan pun aktivitas warga sekitar masih terlihat biasa saja.

"Beberapa warga juga mengaku pernah ditanyai alamat rumah terduga DYN. "Cuma tanya saja setelah itu tidak ada lagi," ujar salah seorang warga bernama Kirno.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jabar Kombes Kombespol Yusri Yunus mengaku hingga saat ini belum ada informasi pasti kapan penggeledahan dilakukan.

Namun, lanjutnya, pihak Polda Jabar dan Polres Cirebon diturunkan hanya untuk melakukan pengamanan di lokasi. "Upaya yang sudah dilakukan, kami langsung melakukan koordinasi dengan tim lapangan, dan mem-back up pengamanan di lokasi," ujarnya.

Dia pun mengaku adanya penangkapan terduga teroris oleh Tim Densus 88 di wilayah Bintara Jaya VIII RT 04 RW 09, Kelurahan Bintara Jaya, Bekasi Barat sore tadi.

Ditangkapnya DYN atas dugaan pengiriman bahan peledak di rumah orang tuanya di Cirebon. "Yang pasti tim densus akan melaksanakan pengembangan lebih lanjut dengan melakukan penggeledahan di rumah DYN di Cirebon. Hanya saja kapan kami kurang tahu. Nanti dikabari perkembangannya," ujar Yusri.

Loading