Sukses

Menteri Agama: Demo 2 Desember Berpotensi Ditunggangi

Menurut dia, aksi demonstrasi di manapun rentan terprovokasi oleh pihak berkepentingan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan demonstrasi lanjutan yang rencananya dilakukan pada 2 Desember 2016 berpotensi ditunggangi oleh pihak tertentu.

"Menimbulkan potensi ditunggangi pihak-pihak tertentu yang punya agenda tertentu yang harus diwaspadai," kata Lukman, Rabu (23/11/2016).

Menurut dia, demonstrasi di manapun rentan terprovokasi oleh pihak berkepentingan karena jumlah massa yang besar memiliki kecenderungan yang reaktif.

"Berhimpunnya massa yang besar mengundang potensi, lalu identitas kita hilang karena psikologi massa yang terjadi," kata dia.

Kendati demikian, Lukman tidak melarang pihak-pihak yang akan melakukan aksi massa pada 2 Desember. Sebab hak berekspresi dijamin oleh negara.

Akan tetapi, ia mengimbau demo harus dilakukan sesuai peraturan dan tidak anarkis.

Di sisi lain, Lukman melihat ormas-ormas Islam sudah baik dalam mengarahkan anggotanya untuk tidak bertindak berlebihan terkait tuntutan hukum dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Kaitan dengan proses hukum, ormas-ormas Islam telah memberi apresiasi yang tinggi kepada Polri yang telah memenuhi aspirasi umat dengan membawa kasus ini kepada proses hukum," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Lukman juga meminta agar semua pihak menghormati proses hukum.

"Kita harus hormati proses hukum itu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini