Sukses

Antusiasme Warga Saksikan Pergantian Pasukan Penjaga Istana

Tak ingin menyiakan momen itu, warga mengabadikan momen tersebut dengan ponsel mereka.

Liputan6.com, Jakarta Pergantian atau serah terima pasukan penjaga istana menjadi magnet tersendiri bagi warga yang menikmati car free day (CFD) di sekitar kawasan Monas, Jakarta Pusat. Tak ingin menyiakan momen itu, warga mengabadikan momen tersebut dengan ponsel mereka.

"Pengin lihat hormat senjata senjata," ujar Arif, bocah 8 tahun yang sengaja datang bersama ibunya, Minggu (20/11/2016).

Dengan khidmat, Arif memperhatikan tiap gerakan para pasukan istana. Kadang tangannya turut menirukan gerakan pasukan. "Periksa kerapian, grak..!!" ucap Arif menirukan pasukan penjaga

Selain Arif, ratusan warga yang menonton banyak merekam momen pergantian pasukan itu. Mereka bersabar menantikan hingga seremoni itu selesai agar dapat lebih mendekat dan selfie bersama penjaga istana.

"Kan abis ini boleh selfie dari dekat," ujar Anita, ibunda Arif.

Warga antusias menyaksikan pergantian pasukan istana kepresidenan.

Pergantian pasukan jaga Istana Kepresiden menjadi kegiatan rutin Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tiap minggi ke-2. Presiden Jokowi pun menyeru warga agar datang menyaksikan seremoni tersebut.

"Sekarang kita bisa melihat pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan. Ayo ke istana hari Minggu ke-2 jam 8 -Jkw," tulis Presiden Joko Widodo dalam akun twitter @jokowi.

Kegiatan ini disebutkan pertama kali bagi masyarakat untuk dapat menyaksikan proses pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan. Sebelumnya, pergantian setiap bulan di minggu ke dua itu berlangsung tertutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini