Sukses

VIDEO: Gadis Obesitas Sidoarjo Dirujuk ke RS dr Soetomo Surabaya

Kondisi Yunita hari ini terbaring lemah karena mengalami sesak nafas.

Liputan6.com, Surabaya - Tim Dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo, Jawa Timur akan merujuk Yunita, gadis penderita obesitas ke Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya untuk mendapat perawatan maksimal.  

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (14/9/2016), kondisi Yunita hari ini terbaring lemah karena mengalami sesak nafas. Padahal kemarin, remaja 16 tahun ini masih bisa duduk di tempat tidurnya. 

Pernafasan gadis berbobot 110 kilogram ini terganggu karena faktor kegemukan. Agar asupan oksigen ke tubuh Yunita tetap terjaga, tim medis memasang alat bantu pernafasan.

Sejauh ini tim medis berupaya mengatur asupan gizi dan pola makan Yunita.

"Kita akan rujuk setelah rawat jalan dulu. Jadi bukan dirujuk rawat inap, tapi untuk rawat jalan. Untuk mengetahu apa penyebabnya, sehingaga terapinya bisa lebih cepat," ucap Direktur Utama RSUD Sidoarjo dr. Atok Iriawan, seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (14/9/2016).

Data Kementerian Kesehatan tahun 2012 menunjukkan kasus obesitas di Indonesia paling banyak ditemui di Sulawesi Tenggara. Disusul DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Penyebab obesitas antara lain diakibatkan pola makan yang berlebihan, kurangnya aktivitas fisik, dan faktor keturunan.

Obesitas bisa dihindari dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah, berolahraga minimal satu jam per hari serta mengurangi makanan manis dan berminyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.