Sukses

Kapolda Metro Bakal Gantikan Posisi Komjen Syafruddin?

Liputan6.com, Jakarta - Komisaris Jenderal Syafruddin resmi menjabat sebagai Wakapolri menggantikan Jenderal Budi Gunawan yang kini menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Dengan begitu, posisi Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdikpol) saat ini kosong.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, belum ada kepastian siapa yang bakal menggantikan posisi Syafruddin di Lemdikpol. Sejauh ini, Dewan Kebijakan Tinggi (Wanjakti) Polri tengah mencari nama-nama yang cocok untuk menduduki posisi tersebut.

"Sejauh ini akan dilakukan oleh Wanjakti, mungkin hari Rabu atau hari Kamis (nama sudah keluar), jadi Jumat mudah-mudahan sudah ada pergantian siapa pejabat  Kalemdikpol," ujar Tito di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (10/9/2016).

Tito mengatakan, pergantian posisi jabatan di Polri merupakan hal yang wajar. Pergantian jabatan juga akan terus merembet ke posisi yang ada di bawahnya. Ia bahkan mengibaratkannya seperti rangkaian kereta yang terus menyambung dan berkaitan satu sama lain.

"Otomatis pejabat menggantikan Kalemdikpol juga akan diisi dan seterusnya. Ini seterusnya, ini namanya kereta," tutur dia.

Sementara itu, beredar kabar, Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto bakal dipromosikan menjadi Kalemdikpol menggantikan Syafruddin. Jika nanti Moechgiyarto menduduki jabatan Kalemdikpol, Tito akan menyematkan tiga bintang di pundaknya, menjadi Komisaris Jenderal.

"Salah satu yang menjadi opsi adalah itu (Moechgiyarto). Tapi nanti akan kita diskusikan lagi plus minusnya. Oke," pungkas Tito.