Sukses

Pohon Pisang Bertandan 3 Hebohkan Warga Bogor

Liputan6.com, Bogor - Warga Kampung Karang Sari, Desa Mekar Wangi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor dihebohkan dengan fenomena langka, yakni pohon pisang bertandan tiga.

Pohon pisang yang terbilang langka tersebut berada di lahan milik warga bernama Eman, di Kampung Karang Sari.

Anehnya, meski sudah ditebang, pohon pisang ini kembali mengeluarkan tunas hingga berbuah, sama seperti pohon pisang pada umumnya.

Kini, keunikan pohon pisang ini menjadi perhatian warga sekitar, untuk melihat keberadaan pohon pisang batu yang dinilai aneh tersebut.

Keanehan pohon pisang setinggi 1,7 meter tersebut pertama kali diketahui Wati, istri Eman saat meninjau lahan perkebunannya. "Istri saya pulang dari kebun, tiba-tiba kasih tahu bahwa pisang di kebun buahnya bertandan tiga," ujar Eman, Sabtu (20/8/2016).

Penasaran, Eman bergegas ke kebun yang berjarak sekitar 500 meter dari rumahnya. Eman pun terkejut, ternyata benar pohon pisang yang sudah ditebang beberapa bulan lalu itu berbuah tiga tandan.

Dalam waktu sekejap, kabar pisang bertandan tiga ini pun kemudian menyebar luas ke masyarakat. Warga sekitar berdatangan ingin menyaksikan langsung pohon pisang 'keramat' itu.

Eman pun berencana menebang pohon pisang tersebut. Pria 48 tahun itu akan mengambil getah, daun, dan batangnya.

Sebab, menurut mitos pohon pisang bertandan tiga diyakini memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Bahkan, konon dapat dijadikan jimat untuk menangkal gangguan mahluk halus dan mengusir roh jahat.

"Untuk sementara mau dipindahkan dulu dekat rumah, karena sudah ada yang patah oleh warga," kata Eman.

Loading