Sukses

Kepala Pesawat yang Tersangkut di Semanggi Buatan Habibie

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah truk bermuatan bagian kepala pesawat tersangkut di kolong flyover Semanggi, Jakarta. Ternyata, kepala pesawat tersebut merupakan salah satu bagian pesawat buatan Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie.   

"Itu pesanan dari Museum Dirgantara. Punya Pak Habibie, mau dibawa ke Museum Gajah," ujar Kepala Satuan (Kasat) Gatur Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya AKBP Sakat kepada Liputan6.com, Kamis (11/8/2016).

Menurut Sakat, peristiwa itu terjadi Kamis siang sekitar pukul 11.00 WIB. Diketahui kepala pesawat itu hendak dipindahkan dari Museum Dirgantara Bandung menuju Museum Gajah untuk dipamerkan.

"Kan kepala pesawat itu besar, jadi saat diangkut truk, tingginya mencapai bagian atas kolong jembatan. Makanya tersangkut. Sopirnya kami suruh untuk mengempiskan ban supaya tinggi truk lebih rendah dan bisa lewat," ucap dia.

2 dari 2 halaman

Macet

Sempat terjadi kemacetan di ruas jalan kolong Semanggi, akhirnya polisi lalu lintas melakukan rekayasa arus lalu lintas. Kendaraan dari Gatot Subroto menuju Sudirman dialihkan ke Slipi, lalu kendaraan dari arah Senayan yang mengambil lajur tengah diarahkan ke lajur kiri.

"Sekitar 15 truk kembali melanjutkan perjalanan dan penumpukan kemacetan berangsur-angsur terurai," ujar Sakat.

Polisi lalu menilang truk tersebut karena telah melanggar aturan jam operasional kendaraan berat di jalan protokol. Namun tidak ada penahanan kendaraan maupun pengemudi terkait kejadian ini, "Kendaraan berat hanya boleh melintas di ruas jalan protokol diatas pukul 22.00 WIB," kata dia.