Sukses

Jokowi Tinjau Pemberian Vaksin Ulang di Puskesmas Ciracas

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan Ketua Satgas Penanggulangan Vaksin Palsu Maura Linda Sitanggang mendatangi Puskesmas Ciracas. Di puskesmas itu dilakukan vaksinasi ulang terhadap anak-anak yang dulunya diberikan vaksin palsu.

Selain di puskesmas itu, terdapat tiga lokasi lainnya untuk pelaksanaan vaksin ulang hari ini yakni Rumah Sakit Umum Ciracas, Rumah Sakit Harapan Bunda, dan Rumah Sakit Sayang Bunda.

Khusus di Puskesmas Ciracas, hadir 26 anak dari 197 pasien Bidan E yang terindikasi mendapat vaksin palsu. Sementara, di RS Harapan Bunda dan RS Sayang Bunda Bekasi terdapat 20 anak yang akan divaksin ulang.

Nila menuturkan pelaksanaan vaksinasi ulang ini akan dilakukan secara bertahap. "Bertahap, tentu tidak mungkin sekaligus. Kita dapat datanya dari Bareskrim dan ke depan bisa bertambah lagi," ujar Nila di Puskesmas Cilacap, Senin (18/7/2016).‎

Sebelum divaksin, anak-anak tersebut akan diperiksa lebih dulu oleh dokter spesialis. Terdapat dua vaksin yang biasanya wajib dalam imunisasi, yaitu vaksin pentavalen yang mampu memberikan kekebalan terhadap lima penyakit dan vaksin polio.

"Kita akan memberikan imunisasi sesuai dengan memperhatikan jenis vaksin palsu yang pernah didapatkan dan usia anak saat ini," Nila menandaskan.‎