Sukses

Saksi Penembakan di Tebet: Senjata Pelaku Kayak Milik Koboi

Saksi mengatakan, pelaku menggunakan seragam Pramuka dan mengendarai motor Vixion warna merah hitam, berusia antara 17-20 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini, Satreskrim Polsek Tebet masih memeriksa kasus pencurian kendaraan bermotor dengan menembakkan senjata api di Jalan Tebet Dalam 1 D Nomor 20, RT 02/RW 01 Kecamatan Tebet Kelurahan Tebet Barat, Jakarta Selatan.

Berdasarkan keterangan saksi tunggal Novie Andri (30), pelaku mengenakan seragam Pramuka dan mengendarai motor Vixion warna merah hitam, berusia antara 17-20 tahun. Wajah oriental, rambut kucai, dan membawa tas selempang berwarna biru.

Menurut Novie, yang melihat langsung langkah kepolisian menyisir kediamannya, pelaku menggunakan pistol rakitan yang tidak bisa diperoleh atau dibuat oleh orang awam.

"Yang jadi pertanyaan adalah dari mana pelaku berusia muda itu bisa dapat pistol sebagus itu. Itu pistolnya cantik banget, rapi. Kemungkinan sih ini ada sindikat di belakangnya," ucap Novie di Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Aksi pencurian itu berlangsung Kamis siang kemarin, sekitar pukul 13.00 WIB. Novie awalnya mendengar suara gaduh dari pintu pagar rumahnya, dan keluar untuk mencari sumber suara.

"Pintu pagar waktu itu cuma saya selot. Awalnya saya pikir suara gaduh itu suara pemungut sampah lagi ambil sampah di depan pagar, tapi seingat saya sudah diambil tadi pagi," tutur Novie.

Dari balik jendela dapur, Novie melihat seorang laki-laki berseragam Pramuka sedang mencoba mengambil helm yang terletak tak jauh dari pintu pagar rumah.

Lelaki yang mencoba mengambil helm itu lalu dengan tergesa-gesa segera naik ke sepeda motor yang sedang dikendarai temannya (laki-laki juga), namun helm pelaku terjatuh.

Melihat pelaku mengenakan seragam, Novie menganggap sepele hal itu dan memilih masuk ke dalam rumah.

Namun, tak berapa lama terdengar suara "Dor!" mengarah ke dalam rumah. Novie yang baru saja melangkah masuk, seketika keluar rumah dan mencoba mengejar kedua pelaku yang sudah melarikan diri.

"Tadinya saya pikir senjata mainan, tapi yang namanya naluri kalau lihat pistol ya refleks lah. Ternyata senjatanya kayak senjata polisi koboi warna silver metalic panjang, mirip warna chrome," Novie mengisahkan kronologi peristiwa perampokan tersebut.

Koranmil dan Polsek Tebet sudah mengunjungi TKP dan mengumpulkan informasi serta barang bukti. "Indikasi sementara, perencanaan sindikat pencurian kendaraan bermotor," tutur Danramil Tebet Mayor Inf Iswanto di Koranmil 01 Tebet.

"Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Barang bukti yang dikumpulkan ada 2, yakni proyektil peluru yang diperkirakan berasal dari senapan kaliber sejenis revolver call 9 mm, serta pintu bekas tembakan," tutur Iswanto. (Winda Prisilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini