Sukses

Menhan Filipina Minta RI Tak Ikut Campur Pembebasan 7 ABK WNI

Indonesia diminta menunggu saja kabar baik pembebasan para sandera.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Filipina yang baru dilantik meminta agar pasukan Indonesia tidak ikut campur dalam operasi pembebasan 7 anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang disandera kelompok bersenjata Filipina.

"Saya berkoordinasi terus dengan Menhan (Filipina) yang baru. Menhan yang baru bilang tenang saja, Pak Ryamizard tidur enak saja dia bilang begitu," kata Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (6/7/2016).

Ia mengatakan, pemerintah Filipina telah menerjunkan 7 ribu prajurit untuk membebaskan sandera WNI tersebut. Indonesia, lanjut dia, menunggu kabar baik pembebasan para sandera.

"Kita disuruh monitor saja. Kita serahkan dululah kepada pemerintah Filipina. Kita percayakan dulu," ujar dia.

Terkait wacana prajurit Indonesia masuk wilayah Filipina, Ryamizard menjelaskan hal itu tidak bisa sembarangan. Sebab, diperlukan latihan militer bersama supaya ada kesepahaman dalam operasi pembebasan.

"Ya itu tadi latihan dulu sebelumnya. Ada prosedur. Apa yang harus ditaati, Enggak boleh sembarangan yah. Walaupun kita sudah diberi kesempatan," jelas Ryamizard Ryacudu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini