Sukses

H-2 Lebaran, Terminal Pulogadung Mulai Sepi Pemudik

Suasana Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, hari ini tak seperti kemarin yang jumlah penumpang hingga mencapai ribuan orang.

Liputan6.com, Jakarta - H-2 jelang Hari Raya Idul Fitri, Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, mulai mengalami penurunan jumlah penumpang. Kepala Terminal Pulogadung Hengky Rissakota mengatakan, hari ini tidak seperti kemarin yang jumlah penumpang hingga mencapai ribuan orang.

"Iya benar hari ini, sudah mulai ada penurunan jumlah penumpang, kemarin yang membeludak. Bus berangkat 138 dan penumpangnya sampai 2.341 orang," ucap Kepala Terminal Pulogadung Hengky Rissakota di Jakarta, Senin (4/7/2016).

Untuk H-2 Lebaran, ia menjelaskan, pihaknya belum bisa memberikan data jumlah penumpang yang akan menjalani Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah di daerah asal masing-masing.

"Kita belum bisa memberikan rekapitulasi data di H-2 untuk jumlah keberangkatan bus beserta penumpang nya, mungkin nanti malam baru bisa kita berikan," ujar Hengky.

Ia kemudian menjelaskan alasan membeludaknya penumpang pada Minggu 3 Juli 2017. Hal itu lantaran adanya penumpukan akibat beberapa kendala yang dialami bus saat perjalanan.

Namun demikian, Hengky menegaskan, hari ini penumpang sudah tidak sebanyak H-3 Lebaran kemarin. Hal itu terlihat dari sepinya tempat menunggu bus yang ada di Terminal Pulogadung.

"Penumpang udah ada penurunan tidak seperti kemarin penumpangnya sempat terjadi penumpukan jumlah penumpang arah Jawa Tengah Purwokerto, Pekalongan dan Jawa Timur, itu dikarenakan bus datang terlambat akibat ada beberapa hambatan di jalan," ucap Hengky.

"Masalahnya karena kebanjiran atau jalan yang rusak, kita enggak tahu ya. Tapi keterlambatan itu semua sampai tadi pagi sudah teratasi," Hengky menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kalimalang Ramai Lancar

Sementara itu, arus lalu lintas di Jalan Kalimalang mulai ramai lancar. Pemandangan tersebut sudah terjadi sejak menjelang azan magrib tadi sekitar pukul 17.30 WIB.

Konvoi dari pemudik bersepeda motor masih mendominasi jalan yang menjadi akses menuju jalur pantai utara Pulau Jawa (Pantura).

Dari pantauan Liputan6.com, Senin (4/7/2016) malam sekitar pukul 18.35 WIB, keramaian arus lalu lintas sudah terlihat dari perempatan lampu merah Pangkalan Jati, Jakarta Timur.

Ratusan motor dari arah Halim dan Cawang pun meluncur deras. Meski begitu antrean panjang di lampu merah Pangkalan Jati belum terjadi. Di lokasi, puluhan polisi terlihat bersiaga mengatur lalu lintas.

Untuk mengurai dan menghindari tumpukan atau antrean kendaraan di beberapa titik di Jalan Kalimalang, polisi sudah menutup sedikitnya 9 jalan memutar balik. Titik tersebut antara lain di Jalan Lampiri, Jalan Duren Sawit, dan Jalan Pondok Kelapa, Kalimalang.

"Ada sembilan putaran balik yang sudah kami tutup untuk menghindari kemacetan," ucap seorang polisi yang bertugas di salah satu pos pemantauan arus mudik tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini