Sukses

Armatim Pangkalan Terbesar di Asia Tenggara

Armada Indonesia Timur merupakan pangkalan militer laut terbesar di Asia Tenggara. Armatim sudah 60 tahun mengabdi kepada negara dan bangsa.

Liputan6.com, Surabaya: Armada Indonesia Timur (Armatim) merupakan markas TNI Angkatan Laut yang menjadi pangkalan militer laut terbesar di Asia Tenggara. Armada itu sebagai pertahanan kedaulatan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia serta untuk menguatkan wilayah Indonesia Timur.

Armatim sudah 60 tahun mengabdi kepada negara dan bangsa. Sejak dari zaman perang kemerdekaan dengan kapal kayu serta persenjataan yang sederhana hingga armada perang yang kini telah berhasil melaksanakan berbagai operasi di laut.

Sejumlah kapal perang dari berbagai tipe dan jenis menjadi andalan armada pengamanan di laut. Kapal-kapal perang itu dibeli dari berbagai negara, seperti Belanda, Rusia, dan Cina.

Untuk menjaga kemampuan dan kesigapan, setiap tahun para prajurit melakukan latihan perang di laut maupun di darat. Para prajurit juga dibebani tugas patroli laut di wilayah Indonesia Timur.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sudah seharusnya bangsa Indonesia juga memiliki armada laut yang besar dan canggih agar tidak secuil pun wilayah Ibu Pertiwi diganggu. Simak selengkapnya di video berita ini.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.