Sukses

Menteri Jonan Sarankan THR Cair Sebulan Sebelum Idul Fitri

Jonan menyampaikan, jumlah angkutan umum Lebaran rata-rata 3-4 persen lebih banyak dari tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan akan menjadi orang yang super sibuk memasuki Hari Raya Idul Fitri. Ia harus mengurus kebutuhan dan ketersediaan angkutan umum untuk menampung masyarakat yang mau mudik ke kampung halaman.

Di bulan ini juga, masyarakat harus berebut membeli tiket tujuan untuk mudik. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyarankan, kebijakan tunjangan hari raya (THR) dapat diberikan sebulan sebelum hari raya.

"Saya juga selalu mengimbau pembayaran THR itu kalau bisa satu bulan sebelum Idul Fitri, jadi orang itu bisa beli tiket. Kalau mepet seminggu sebelum Idul Fitri, akhirnya orang berebut. Nah kalau mau di tanggal yang sama, ya pasti tidak terangkut," kata Jonan, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/6/2016).

Jonan menyampaikan, jumlah angkutan umum rata-rata 3-4 persen lebih banyak dari tahun lalu. Sementara, jumlah pesawat terbang juga lebih banyak, hampir 5 persen lebih.

"Sejak minggu lalu kita melakukan pengecekan angkutan umum dalam rangka operasi Lebaran. Mulai akhir pekan lalu, sampai tanggal 24, ada 519 pesawat udara yang akan digunakan untuk penerbangan terjadwal," tutur Jonan.‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.