Sukses

Kilas Indonesia: Jelang Ramadan, Peziarah Makam Gus Dur Melonjak

Ziarah ke makan Gus Dur ini menjadi tradisi setiap menjelang bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jombang - Menjelang bulan Ramadan, ribuan peziarah mendatangi makam Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Komples Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Berita ini mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (2/6/2016).

Jumlah peziarah saat itu mengalami peningkatan hingga sepuluh kali lipat jika dibandingkan hari biasa. Ziarah ke makan Gus Dur ini menjadi tradisi setiap menjelang bulan Ramadan. 

Sementara itu, operasi yustisi di Pelabuhan Jayapura, Papua berujung ricuh. Para penumpang marah dan tak mau diperiksa identitasnya. Bahkan mereka memaksa masuk ke dalam pelabuhan. Kericuhan mereda setelah operasi yustisi dihentikan.  

Masih dari Jayapura. Warga Papua menggelar aksi damai mendesak aparat dan Pemprov Papua membubarkan organisasi yang mengacaukan keamanan.

Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera merah putih sambil berkonvoi mengelilingi Kota Jayapura. Sejumlah pertokoan dan pasar di Kota Jayapura sempat tutup akibat aksi damai ini. 

Beralih ke Wonogiri, Jawa Tengah. Ruang SD Negeri di Desa Lemahabang rusak parah diterjang tanah longsor. Akibat bencana ini kegiatan belajar mengajar para siswa diungsikan sementara ke ruang perustakaan.

Pihak sekolah berharap perbaikan dapat segera dilakukan agar proses belajar dan mengajar tidak terganggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.