Sukses

Jelang Ramadan, Syarikat Islam Bantu Bisa Baca Quran di Pedesaan

Metode Albarqy yang digunakan untuk bisa baca Alquran, kata Hamdan, telah diuji di beberapa daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Ramadan, Syarikat Islam (SI) mempersiapkan diri membantu masyarakat agar lebih mudah membaca Alquran. SI memberikan metode belajar membaca Alquran secara cepat dengan nama Albarqy.

Ketua Umum Syarikat Islam Hamdan Zoelva mengatakan, metode Albarqy akan menuntun masyarakat fasih membaca Alquran hanya dalam waktu 200 menit.

Menurut Hamdan, ini merupakan bagian di antara sumbangsih besar untuk bangsa yang mayoritas beragama Islam.

"Amal ibadah yang sangat ditekankan dalam Ramadan, salah satunya membaca Alquran. Dengan ini kami akan bantu masyarakat lebih cepat pandai baca Alquran," kata Hamdan di Kantor Pusat Syarikat Islam, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2016).

Dalam penerapannya, kata Hamdan, SI mengutamakan pengajaran metode Albarqy di desa-desa atau pun daerah terpencil.


SI akan menyebar pengajar ke daerah selama Ramadan. Sementara, untuk wilayah perkotaan, SI mengandalkan buku dan internet.

"Kita sebar nanti ustaz di desa-desa. Untuk di kota bisa dengan menggunakan buku dan juga kan dengan internet. Nanti para pengajar tinggal mempraktikkan saja sesuai metode yang ada di buku," papar dia.

Metode Albarqy sendiri, kata Hamdan, telah diuji di beberapa daerah. Seperti di TPA Masjid Baitus Salam, Desa Gurah, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, 80 persen dari 150 santri bisa membaca Alquran dalam waktu enam bulan, dari tiga kali pertemuan setiap seminggunya.

"Pengalaman di TK ABA 45 Surabaya lebih baik lagi. Sebagian besar anak di situ bisa membaca Alquran hanya dalam tempo kurang dari enam bulan, dengan masa belajar tiga kali per minggu. Masing-masing pertemuan selama 30 menit," terang dia.

Hamdan berharap, dengan adanya metode Albarqy, masyarakat dapat semakin khusyuk dalam beribadah. Terutama, saat membaca Alquran pada Ramadan tahun ini.

"Secara resmi saya nyatakan mulai membuka kantor ini menjadi kantor pusat Serikat Dagang Islam. Secara resmi pula hari ini kita luncurkan program baca Alquran cepat 200 menit, dengan nama metode baca Alquran Albarqy," pungkas Hamdan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.