Sukses

Kejahatan Seksual Marak, Ini Pesan Megawati ke Cucunya

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya kejahatan seksual tak luput dari perhatian Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Putri Proklamator Soekarno ini langsung mengumpulkan lima cucunya dan berpesan untuk tak bepergian sendirian. Mega juga meminta sang cucu mengajak teman saat bepergian serta lebih waspada terhadap sekitar.

"Kalau mau pergi enggak boleh sendirian, harus ada yang nemenin. Ke kamar mandi juga enggak boleh sendiri. Kalau minum botol, jangan diterima kalau sudah dibuka. Ini remeh temeh tapi perlindungan diri," ujar Megawati di acara Komnas Perempuan 'Indonesia Melawan Kekerasan Seksual' di Megaria, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2016).

Tak hanya itu, Megawati mengungkapkan simpatinya terhadap anak-anak korban kekerasan seksual dan keluarganya. "Saya bisa rasakan seperti apa jika buah hatinya diperlakukan tidak benar," kata dia.

 



Ketua Umum PDIP ini juga meminta Menkumham agar semua masalah yang berkaitan dengan anak-anak dan perempuan proses hukumnya dipisahkan.

"Seharusnya dari proses hukumnya dipisahkan dan harus ada yang namanya konseling atau pendampingan dari psikolog karena trauma akan terjadi (pada korban)," kata Mega.

"Di sini ada perwakilan Polri lalu Menkumham Pak Yasonna Laoly, Kaukus Perempuan Parlemen RI, perwakilan 15 lembaga masyarakat yang mendukung untuk didorongnya RUU penghapusan kekerasan seksual," ucap dia.

Dalam acara tersebut juga hadir Menkumham Yasonna Laoly, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka serta Wakil Ketua DPD Gusti Kanjeng Ratu Hemas.