Sukses

Menko Luhut Imbau Buron Koruptor Menyerahkan Diri

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berjanji tak berhenti memburu para buron yang masih sembunyi di luar negeri karena berbagai kasus terutama korupsi. Sebelum ditangkap, pemerintah mengimbau para buronan untuk menyerahkan diri saja.

Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan memastikan keamanan bagi para buronan yang mau kembali ke Indonesia dan menyerahkan diri. Mereka tidak akan dipersulit bila dengan lapang dada menyerahkan diri.

"Kami imbau untuk kembali ke Indonesia ya proses hukumnya dijalani ya selesai. Tidak ada perlakuan istimewa yang membuat mereka menjadi kesulitan," ujar Luhut di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (25/4/2016).

Apapun kondisinya, lanjut dia, para buronan ini harus menjalani hukuman yang telah diputuskan oleh hakim. Ini juga merupakan bentuk pertanggungjawaban mereka karena telah melakukan perbuatan melawan hukum, sekalipun sudah berlalu belasan tahun lalu.

"Mereka harus mempertanggungjawabkan itu secara benar dan kita ingin mereka menghadapi hukum secara benar," imbuh Luhut.

Presiden Joko Widodo pun memerintahkan jajarannya untuk terus mengejar para buronan sampai dapat. Semangat itu semakin bertambah karena kerja sama dengan Singapura kian membaik. Terlebih, kedua negara tidak memiliki perjanjian ekstradisi.

"Kita kejar terus, kerja sama dengan pemerintah Singapura juga semakin bagus punya langkah yang lebih cepat lagi, lebih tegas lagi untuk mengambil tahanan tahanan buronan buronan untuk itu," pungkas Luhut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS