Sukses

750 Napi Lapas Banceuy Bandung Nyaris Kabur Saat Kebakaran

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran melanda Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banceuy, Bandung, Jawa Barat, Sabtu pagi. Sempat terjadi ketegangan saat kebakaran lantaran para napi berniat kabur.

Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Jodie Rooseto mengatakan, pada saat kebakaran terjadi, 750 napi berniat kabur melalui pintu kiri lapas.

"Kalau tadi kita mendekat tidak bisa memadamkan, karena jarak (pemadaman) lemparnya cukup dekat, warga binaan 750 sudah mau menjebol pintu di sayap kiri," kata Jodie di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/4/2016).

Jodie menjelaskan, penanganan pengamanan di lokasi saat ini sudah dilakukan. Langkah pertama dengan pengamanan lapas, agar para napi tidak kabur.


"Pukul 8.10 WIB kita udah di sini dan bisa meminimalisir dan pertama dilakukan yaitu gimana agar warga binaan tidak kabur keluar dan melarikan diri," kata dia.

Langkah kedua, lanjut Jodie, mengamankan pintu yang akan digunakan napi sebagai jalan untuk kabur atau melarikan diri. Terutama di sisi kiriĀ lapas narkoba itu.

"Karena kita bergerak cepat, tidak jadi menjebol pintu. Kita dorong ke dalam, penindakan menggunakan tahapan soft agak hard, menghindari korban lebih banyak," pungkas Jodie.

Kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banceuy, Bandung, Jawa Barat, terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Diduga kebakaran terjadi akibat kericuhan antar napi.

Hingga kini proses pemadaman masih berlangsung. Dinas kebakaran mengerahkan lima kendaraan pemadam ke lokasi kebakaran. Sementara ratusan personel terus bersiaga mengamankan Lapas Banceuy di Bandung.

Loading