Sukses

Seleksi Tahap Akhir, 1 Calon Anggota Kompolnas Sudah Gugur

Dengan begitu, maka seleksi anggota Kompolnas tahap akhir ini diikuti 23 peserta.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia seleksi (‎Pansel) calon anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan seleksi tahap akhir berupa wawancara. Sebanyak 24 calon yang lolos tahap assessment mengikuti tes wawancara yang dibagi dalam 2 hari ini.

Namun ada 1 calon yakni Budi Widjaja Soetjipto yang otomatis gugur di seleksi tahap akhir ini. Menurut Ketua Pansel Kompolnas Komjen Purnawirawan Polisi Imam Soedjarwo, Budi dinyatakan gugur karena tidak mengikuti tes kesehatan.

"Hari ini ada 12 calon yang seharusnya mengikuti seleksi tahap akhir. Tapi 1 sudah dinyatakan gugur karena sebelumnya yang bersangkutan juga tidak mengikuti tes kesehatan," ucap Imam di sela-sela tes wawancara di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (6/4/2016).

Dengan begitu, maka seleksi tahap akhir ini diikuti 23 peserta calon anggota Kompolnas. Dari jumlah tersebut, selanjutnya‎ akan dikerucutkan menjadi 12 nama untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

"‎Kami ingin menemukan 12 terbaik dari 23 yang baik-baik ini, terus kita serahkan ke Bapak Presiden," tutur dia.

Imam menjelaskan, kriteria yang pas sebagai anggota Kompolnas adalah memiliki integritas yang tinggi. Selain itu, calon anggota Kompolnas juga harus mengerti serta memahami ‎tugas pokok, fungsi, dan peranan Polri.

"Sehingga komisioner Kompolnas yang terpilih nanti bisa memberikan pertimbangan kepada presiden terkait kebijakan yang bersifat strategis," tutur Imam.

‎Berikut 23 calon anggota Kompolnas yang mengikuti seleksi wawancara:

1. Andrea H. Poeloengan
2. Andriyansyah
3. Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto
4. Benedictus Bambang Nurhadi;
5. Daniel Nawolo Baskoro
6. Dede Farhan Aulawi
7. Brigjen Pol (Purn) Dzainal Syarier
8. Eddie Kusuma
9. Eki Baihaki
10. Gardi Gazarin
11. Irjen Pol (Purn) Herry Haryanto
12. Brigjen Pol (Purn) I Gusti Ketut Budiartha
13. Brigjen Pol (Purn) M. Nasser Amir
14. M Taufik Yasak
15. Muhammad Khoirul Anwar
16. Nuruddin Lazuardi
17. Poengky Indarti
18. Brigjen Pol (Purn) Pranowo Dahlan
19. Riza Suarga
20. Irjen Pol (Purn) Sadar Sebayang
21. Wahyu Prijo Djatmiko
22. Irjen Pol (Purn) Yotje Mende
23. Yudi Hidayat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.