Sukses

Kisah Awal Terpuruknya Kehidupan Ayah Marshanda

Masa sulit kehidupan ayahanda artis cantik Marshanda, Irwan Yusuf berawal saat ia tinggal di sebuah rumah kontrakan.

Liputan6.com, Jakarta - Masa sulit kehidupan ayahanda artis Marshanda, Irwan Yusuf berawal saat ia tinggal di rumah kontrakan di Jalan Bangka XI C RT 11 RW 10, Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada 2008.

Saat itu, perekonomiannya semakin turun seiring gagalnya sejumlah bisnis yang dia bangun.

Berdasarkan pantauan di lapangan, rumah kontrakan yang pernah ‎ditinggali Irwan itu berada di gang sempit di dekat Musala Al Ihsan. Dia tinggal di lantai 2 rumah berwarna cokelat itu.

Rumah kontrakan tersebut disewa dengan biaya Rp 500 ribu per bulan. Tidak ada fasilitas mewah di tempat tinggal sewa itu. Bahkan hanya ada 1 kamar mandi yang digunakannya bersama penghuni kontrakan lainnya.

Dhani (35) anak pemilik kontrakan mengaku, Irwan sudah tak tinggal di tempatnya sejak 2009. Saat itu, kondisi rumah tangganya berantakan.‎

Masa sulit kehidupan ayahanda artis cantik Marshanda, Irwan Yusuf berawal saat ia tinggal di rumah kontrakan itu. (Nafiysul Qodar/Liputan6.com)

Usaha yang ia dirikan juga gulung tikar. Sejak saat itu, kehidupannya semakin memprihatinkan hingga akhirnya dia terjaring razia saat kedapatan mengemis pada Jumat 25 Maret 2016.

"Kadang-kadang sering tiduran di teras rumah. Kasihan sih sebenarnya soalnya sudah tidak diurus oleh keluarganya. Dulu memang pernah ngontrak di sini pada 2008," ujar Dhani saat ditemui di rumahnya di kawan Jalan Bangka XI C, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (28/3/2016).

Menurut dia, mantan istri Irwan, Rianti Sofyan juga pernah mengunjunginya ke kontrakan tersebut. Rianti datang bersama anaknya, Marshanda. Namun, pesinetron cantik yang akrab disapa Chacha itu hanya menunggu di depan gang.

"Mantan istrinya pernah ke sini, Bu Yanti. Marshanda juga, tapi dia nunggu di depan doang. Habis itu enggak pernah ke sini lagi. Enggak tahu apa permasalahannya," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Bayar Kontrakan 6 Bulan

Selama tinggal di kontrakan tersebut, Irwan dikenal sebagai sosok yang baik. Jika mendapatkan rezeki lebih, tak jarang para tetangga ditraktir makan atau dibelikan cemilan oleh pria paruh baya tersebut.

"Sosoknya baik. Kenyanglah saya pas baru dia pindah ke sini. Sering ditraktir kita," ujar Fitri, salah satu warga yang tinggal di sekitar bekas kontrakan Irwan.

Saat itu kehidupan Irwan masih normal sama seperti kebanyakan orang. Penampilannya bersih, tubuhnya terawat, dan pakaiannya pun rapi. Namun tak berapa lama, kondisinya berubah.

Ayah Marshanda, Irwan Yusuf (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Usaha yang ditekuninya mengalami gulung tikar. Bahkan Irwan sempat menunggak membayar biaya sewa kontrakan selama 6 bulan. Hingga akhirnya ayah artis ternama terpaksa angkat kaki dan tak memiliki tempat tinggal lagi.

"Sebenernya sih bukan diusir, tapi mau gimana ya. Ada sekitar 6 bulan deh enggak bayar. Dia akhirnya enggak tinggal di sini itu tahun 2009," papar Dhani.

Selama tinggal di rumah kontrakan berukuran sekitar 4x3 meter itu, Irwan kerap memajang foto-foto anaknya, termasuk Marshanda. Foto bintang sinetron Bidadari itu selalu berada di dinding kamar di lantai 2 tersebut.

Marshanda kembali kenakan Kerudung (Source: Instagram)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.