Sukses

Detik-detik Ayah Marshanda Terjaring Petugas Saat Mengemis

Irwan Yusuf sempat melawan saat hendak dimasukan ke mobil Dinas Sosial, namun akhirnya berhasil dibawa petugas ke Panti Sosial Cipayung.

Liputan6.com, Jakarta - Irwan Yusuf, pengemis yang mengaku ayah Marshanda, dijaring Tim Reaksi Cepat (TRC) Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan. Salah seorang petugas, Sutikno, menuturkan detik-detik penjaringan yang dilakukan pihaknya pekan lalu.

Irwan dijaring petugas di Jalan Bangka, Kemang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat 25 Maret 2016, sekitar pukul 16.30 WIB. Saat itu petugas tengah berpatroli rutin menjaring pengemis, gelandangan, tuna wisma, dan anak-anak jalanan.

"Saat kami melintas dia sedang mengemis. Berdiri, tangannya menadah ke orang-orang yang lewat, 1-3 orang ngasih uang ke dia," kata Sutikno saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (28/3/2016).

Sutikno dan timnya tidak lantas menyergap Irwan. Selama kurang lebih 5 menit dia merekam aktivitas Irwan sebagai bukti.

Setelah dirasa cukup, tim yang dipimpinnya berupaya menyergap pria berbadan tambun itu. "Ada sedikit perlawanan, tapi masyarakat akhirnya bantu. Pas bantu itulah warga bilang 'bawa saja, Pak. Kasihan ini bapaknya Marshanda artis, memang kondisi ekonominya sulit," beber Sutikno.

Saat berjalan menuju mobil petugas, tukang kios rokok juga menyebut Irwan adalah ayahnya Marshanda.

Sutikno mengaku tidak mempercayai ucapan warga sekitar. Dia tidak sempat mengkonfirmasi hal itu saat berada di kendaraan Dinsos.

"Karena sepanjang perjalanan dia tidur terus," kata Sutikno.

Proses tanya-jawab baru bisa dilakukan saat tiba di Panti Bina Insan, Cipayung, Jakarta Timur. "Pas kami assesment sementara dia tidak mengakui sebagai ayahnya Marshanda, bukan ayah kandung. Saya ada rekamannya," kata dia.

Kepada petugas saat itu, Irwan menyebut dirinya pernah bekerja utuk keluarga Marshanda. "Irwan ini katanya waktu muda dulu dia pernah bekerja dengan ibunya Marshanda, dengan Marshanda pas waktu main sinetron, memang deket banget," kata Sutikno.

Namun, untuk pendalaman identitas Irwan Yusuf sepenuhnya ada di tangan panti Bina Insan. "Kalau kami hanya melakukan penjangkauan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) saja. Saat ini Irwan berada di Panti Bina Insan untuk menjalani rehabilitasi. Artis Marshanda saat ini berada di panti tersebut dan berencana menjenguk serta menjemput Irwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini