Sukses

Lantik Sejumlah Kapolda, Kapolri Ingatkan Soal Kebakaran Hutan

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti melantik sejumlah pejabat Kepolisian Daerah dan penjabat kepolisian di lingkungan Mabes Polri. Ada 3 kapolda yang dilantik pada acara yang dilakukan di Rupatama Polri, Jakarta Selatan itu.

Ketiga kapolda tersebut adalah Kapolda Sumatera Utama Irjen Raden Budi Winarso yang menggantikan Irjen Ngadino yang telah memasuki masa pensiun.

Kemudian, Brigjen Polisi Rudy Sufahriadi yang dilantik sebagai Kapolda Sulawesi Tengah menggantikan Brigjen Polisi Idham Azis. Selain itu, kapolri melantik Brigjen Polisi Yovianes Mahar sebagai Kapolda Bangka Belitung menggantikan Brigjen Polisi Gatot Subiyakto.

Pada amanatnya, Badrodin mengingatkan para kapolda yang baru saja dilantik untuk terus menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayahnya masing-masing. Sehingga dapat lebih cermat memahami kerawanan dan mengatasi berbagai potensi konflik.

"Kepada para kapolda yang baru saja dilantik untuk juga banyak turun ke lapangan. Tidak hanya di kantor saja, sehingga tahu persis masalah yang terjadi dan dapat mencari solusi dengan cepat cara penanganannya," kata Badrodin, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Dia juga meminta kepada para kapolda untuk tetap menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah di wilayah masing-masing. Hal ini guna mengawal dan mendukung program pembangunan.

Petugas pemadam kebakaran berusaha mematikan sisa titik api yang masih menyala di cagar alam biosfer Giam Siak Kecil di Riau (3/9/2015). Kebakaran hutan dan lahan di Riau dipastikan masih akan berlangsung lama. (AFP PHOTO/ALFACHROZIE)

Karhutla

Mantan Kapolda Jawa Timur ini juga mengingatkan para kapolda untuk mewaspadai ancaman kebakaran hutan dan lahan di daerah. Mengingat pada tahun lalu, jumlah hutan dan lahan yang terdampak kebakaran sangat banyak.

"Antisipasi kasus Karhutla, kedepankan peran Babinkamtibmas dan koordinasi dengan stakeholder terkait," sambung Badrodin.

Selain melantik 3 kapolda, Badrodin melantik 3 pejabat di internal Mabes Polri. Mereka adalah Irjen Mochamad Iriawan yang dilantik sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri menggantikan Irjen Budi Winarso.

Kemudian ada juga Kepala Divisi Hukum Polri Irjen Sertyo Wasisto yang menggantikan Irjen Mochamad Iriawan. Lalu, Badrodin juga melantik Irjen Happy Kartika sebagai Asisten Sarana dan Prasarana Kapolri menggantikan Irjen Erry Subagyo.