Sukses

VIDEO: Ribuan Umat Hindu Gelar Tawur Agung Kesanga di Prambanan

Sambut Hari Raya Nyepi, ribuan umat Hindu melaksanakan upacara Tawur Agung Kesanga.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sambut Hari Raya Nyepi, ribuan umat Hindu melaksanakan upacara Tawur Agung Kesanga, Selasa kemarin (8 Maret 2016). Upacara dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin yang berharap momentum Nyepi bisa meningkatkan jalinan persaudaraan dan memperkokoh persatuan kesatuan bangsa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (9/3/2016), upacara Tawur Agung Kesanga itu berlangsung di Kompleks Candi Prambanan. Prosesi diawali dengan ritual Mendak Tirta atau pengambilan air suci di Keraton Ratu Boko, kemudian dibawa menuju Candi Prambanan.

Selanjutnya, dilakukan prosesi Pradaksina dengan cara mengelilingi Candi Siwa 3 kali. Pandita dan umat juga membawa berbagai sesaji sambil memanjatkan doa.

Upacara Tawur Agung Kesanga menyambut tahun baru Saka 1938 itu dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Menteri Koperasi dan UKM Puspa Yoga, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pelaksanaan Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan itu diikuti ribuan umat Hindu dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Selanjutnya, umat Hindu akan melakukan Catur Brata Penyepian.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.