Sukses

Tunjukkan Jakarta Aman, CFD Tetap Diadakan saat KTT OKI

Selama CFD berlangsung, tamu negara yang menginap di hotel sekitaran jalur CFD akan diberangkatkan dengan rute khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (KTT OKI) digelar pada 6 dan 7 Maret 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Meski KTT akan dihadiri pemimpin-pemimpin negara, penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau yang populer disebut Car Free Day (CFD) sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin akan tetap diadakan pada Minggu 6 Maret 2016.

Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian menjelaskan, pemerintah ingin menunjukkan situasi aman Indonesia kepada tamu negara melalui kegiatan tersebut.

"Tanggal 6 tetap akan ada CFD. Itu kebijakan dari pimpinan ya, untuk menunjukkan bahwa Jakarta aman. Oleh karena itu CFD tetap jalan," ujar Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (3/3/2016).

Tito mengatakan, karena terhalang penutupan jalan Sudirman-Thamrin selama CFD berlangsung, tamu negara yang menginap di hotel sekitaran jalur CFD akan diberangkatkan dengan rute khusus. Dia meminta kerja sama masyarakat yang berpapasan dengan rombongan kepala negara sahabat ke JCC untuk memberi prioritas.

"Yang tinggalnya di hotel-hotel daerah Jalan Thamrin dan Sudirman ini nanti akan ada rute-rute khusus pada mereka. Kemungkinan tidak melalui jalur CFD, saya kira minta kerja sama dengan warga masyarakat kalau nanti ada rombongan yang melintas, ya berikan prioritas," imbau Tito.

Tito menjelaskan, panitia KTT OKI sudah mempersiapkan 17 hotel di bilangan Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Polisi pun akan mengamankan hotel menginap para kepala negara dengan metode tertutup dan terbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini