Sukses

Terima Kasih Jokowi untuk Syekh Besar Al-Azhar Mesir

Presiden Jokowi menerima kunjungan Syekh Besar Al-Azhar Mesir, Ahmed Muhammad Ahmad Al Thayeb.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Syekh Besar Al-Azhar Mesir, Ahmed Muhammad Ahmad Al Thayeb. Syekh Ahmed datang beserta rombongan delegasi beberapa organisasi Islam Internasional di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (22/2/2‎016).

Sejumlah hal dibahas dalam pertemuan tersebut. Beberapa di antaranya adalah apresiasi yang disampaikan Jokowi kepada perguruan Al-Azhar Mesir yang menjadi tempat ribuan pelajar Indonesia menempuh pendidikan tinggi. ‎

"Al-Azhar merupakan‎ perguruan Islam yang sangat terkenal dan ada 3.500 mahasiswa Indonesia di sana (Mesir). Dan telah melahirkan para tokoh-tokoh nasional sejak zaman kemerdekaan hingga saat ini," ujar Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) AM Fachir yang turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu. ‎

Dalam kesempatan itu, kata Fachir, Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Al-Azhar karena telah memberikan pengajaran mengenai Islam yang moderat dan penuh dengan nilai-nilai kesantunan. Diharapkan, pendidikan yang didapat para pelajar Al-Azhar asal Indonesia nantinya dapat diterapkan dimasyarakat saat kembali ke tanah air.

"Presiden juga menyampaikan terimakasih atas kontribusi mendidik dan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa Indonesia, dan tentu saja kita mengapresisi karena Al-Azhar juga perguruan yang sangat moderat dalam pengertian terhadap toleransi dan menyebarkan Islam yang moderat," beber dia.

Jokowi juga menyampaikan ucapan selamat kepada Syekh Ahmed yang akan menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Selama di Indonesia, Jokowi berharap agar Syekh Ahmed dapat memberikan pencerahan bagi masyarakat dan mengajarkan Islam yang damai dan jauh dari nilai-nilai ekstrem.

"Presiden ‎sampaikan agar Syekh dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat muslim di Indonesia. Presiden Jokowi juga menjanjikan akan berkunjung ke Mesir dalam waktu dekat sebagai lawatan balasan Presiden Al-Sisi (Presiden Mesir) yang telah berkunjung ke Indonesia," pungkas Fachir.

Selain didampingi Wamenlu AM Fachir, dalam acara tersebut, juga tampak anggota Wantimpres KH Hasyim Muzadi, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, Utusan Presiden untuk Timur Tengah Alwi Shihab, dan cendikiawan Muslim Quraisy Shihab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini