Sukses

Sutiyoso: Jangan Sampai Ada Pertumpahan Darah di Kalijodo

Bang Yos persilakan Ahok tertibkan Kalijodo dengan gayanya. Asalkan...

Liputan6.com, Jakarta - Letnan Jenderal Purnawirawan Sutiyoso punya prestasi fenomenal selama dia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Menggusur lokalisasi Kramat Tunggak. Fenomenal karena lokalisasi ini merupakan kawasan terbesar bisnis esek-esek.

Kramat Tunggak ditutup tidak berarti prostitusi berakhir di Jakarta. Wilayah lain di Jakarta seperti Kalijodo adalah lokalisasi terakhir yang masih menggeliat.

Beberapa gubernur punya mimpi masing-masing untuk kawasan yang berdiri sejak 1930-an ini. Rencana penertiban Kalijodo timbul tenggelam. Rencana hanya tinggal rencana. Denyut prostitusi dan judi tetap hadir di kawasan yang ada di Jakarta Utara ini.

Kini Pemprov DKI berencana menertibkan Kalijodo. Tapi, penolakan muncul dari beberapa warga serta lawan politik Ahok. Mereka menentang rencana Ahok yang akan menggunakan cara represif menggusur prostitusi Kalijodo.

Sejak kasus tabrakan maut yang menewaskan 4 orang, nama Kalijodo mencuat kembali. Sopir sekaligus tersangka, Riki Agung Prasetyo (24), mengakui dirinya di bawah kendali alkohol saat mengendarai Fortuner sepulang dari Kalijodo.

Bagi Bang Yos, sapaan Sutiyoso mantan Gubernur DKI, setiap pemimpin khususnya Gubernur punya gaya masing-masing dalam mengambil kebijakan. Dia tidak mempermasalahkan Ahok yang akan menerjunkan ratusan personel Brimob atau tentara ke Kalijodo, atau rencana membawa tank.

"Yang penting jangan sampai ada pertumpahan darah," ujar Bang Yos saat dimintai pesan untuk Ahok yang akan menertibkan Kalijodo.

Lalu, bagaimana dengan preman-preman yang menolak Kramat Tunggak saat itu?

"Saat itu tidak ada yang berani dengan saya, hahaha..." canda Bang Yos yang tengah mendampingi lawatan kerja Presiden Joko Widodo di California, Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.