Sukses

VIDEO: 2 Siswi di Banyumas Ciptakan Jaket Anti Ngantuk

Jaket anti ngantuk karya Kamila dan Nurin mendapat posisi nomor 4 dalam karya ilmiah nasional tingkat SMA.

Liputan6.com, Banyumas - Karya ilmiah 2 siswi SMA Al Irsyad Purwokerto, Jawa Tengah ini patut diacungi jempol. Inovasi jaket yang dihasilkan keduanya bisa berbunyi seperti alarm jika orang yang mengenakannya mengantuk.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (28/1/2016), karya ilmiah bernama Sleepy Reminding jaket ini menggunakan prinsip sensor denyut nadi manusia. 2 Sensor itu dipasang pada pergelangan tangan si pemakai jaket di mana terdeteksi denyut nadi.

Sensor itu dihubungkan dengan perangkat alarm yang terpasang di saku jaket. Otomatis, alarm akan berbunyi jika denyut nadi menurun. Karena kaget bunyi alarm, rasa kantuk pun hilang.

Jaket anti ngantuk akan terus disempurnakan dan diuji coba pada sopir kendaraan. Harapannya jaket ini bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas akibat mengantuk.

Jaket anti ngantuk karya Kamila dan Nurin mendapat posisi nomor 4 dalam karya ilmiah nasional tingkat SMA. Cukup 3 bulan waktu yang dibutuhkan keduanya untuk menghasilkan karya penuh inovasi ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.