Sukses

VIDEO: BNPT Duga Kuat Bahrun Naim Otak Teror Thamrin

Sejak tahun 2013, Bahrun menyuarakan kepentingan ISIS dan paham radikal, melalui internet.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BNPT Saud Usman membenarkan Bahrun Naim diduga kuat berada di balik serangan teror di kawasan Sarinah. Bahrun masuk jaringan ISIS di kawasan Asia Tenggara dan ingin melaksanakan serta menunjukan eksistensinya.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (15/1/2016), aksi teror Thamrin dilakukan tak jauh dari ambisinya untuk menjadi pempimpin ISIS di Asia Tenggara yang disebut Khatibah Nusantara. Selain itu, Kapolri juga memastikan adanya jaringan ISIS dalam penyerangan kemarin.

Bahrun Naim, adalah mantan narapidana kepemilikan senjata api yang divonis 2,5 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Surakarta. Ia keluar penjara pada 2012. Setelah itu, 2 tahun kemudian Bahrun meninggalkan Indonesia dan bergabung dengan cabang ISIS di Raqqah, Suriah.

Jauh sebelum teror di MH Thamrin, sebuah situs dengan domain bahrunnaim.com, memposting beragam cara, pembuatan bom dengan berbagai bahan. Situs itu, dengan tagline analis, strategi, dan kontra intelijen itu, juga begitu kental, menyuarakan kepentingan ISIS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.