Sukses

JK: Jangan Selalu Curiga Tenaga Kerja Asing

JK juga menuturkan kehadiran tenaga kerja asing dapat membuka peluang untuk menyerap tenaga kerja dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta masyarakat tidak melihat dari kacamata negatif terkait kehadiran tenaga kerja asing.

"‎Prinsipnya, jangan selalu curiga kalau ada tenaga kerja asing. Mereka itu mendorong investasi. Jadi tenaga kerja asing datang setelah ada investasi, bukan sebaliknya," kata JK di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (11/1/2016).

"Setelah ada investasi asing maka secara otomatis ada pekerja asingnya, baik untuk teknologinya, baik modalnya," ujar dia.

JK juga menuturkan kehadiran tenaga kerja asing dapat membuka peluang untuk menyerap tenaga kerja dalam negeri. Mereka ditentukan untuk membuka industri padat karya.

"Sehingga itu akan meningkatkan lapangan kerja baru. Jadi bisa saja kalau industri padat karya rata-rata 1 pekerja asing dapat memberikan pekerjaan pada 100 tenaga kerja Indonesia, tapi untuk labor intensif kadang 1 pekerja asing bisa 1.000 lapangan kerja di Indonesia," kata JK.

Oleh karena itu, mantan Ketua Umum Golkar ini meminta agar aturan-aturan yang menghambat tenaga kerja asing dihilangkan.

"Semua aturan yang mempersulit tenaga kerja ahli dari asing‎ tolong dihapus," pungkas JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini