Sukses

Intip Lebih Dekat Usaha Kuliner Baru Putra Sulung Jokowi

Seperti bisnis martabak dan cakar ayam, panganan pasta buntèl juga merupakan bisnis kerja sama.

Liputan6.com, Solo - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, tampaknya belum puas dengan usaha katering, martabak manis, dan cakar ayam. Gibran kini berupaya melebarkan sayap usaha kulinernya tersebut.

Bisnis baru yang digeluti Gibran saat ini adalah Food Street Pasta Buntel. Seperti bisnis martabak dan cakar ayam, panganan pasta buntèl juga merupakan bisnis kerja sama. Pasta buntel ini merupakan food street yang dirintis oleh 3 anak muda. Mereka adalah Jefri Lintang Biantara, Sri Palgunadi, dan Agnar Juan.

Pasta buntel ini baru berjalan 3 bulan. Saban hari, mereka menempati warung tenda di Jalan Museum, Sriwedari, Solo. Mereka buka dari pukul 18.00 WIB-22.00 WIB.

Putra Sulung Jokowi Gubran Rakabuming Raka buka usaha kuliner baru, Pasta Buntel (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Sri Palgunadi menuturkan, pasta buntel ini merupakan kuliner fusion yang dieksplorasi oleh dirinya dan 2 temannya itu. Tujuan awal membikin panganan itu adalah menunjukkan bahwa makanan tradisional itu memiliki cita rasa yang kuat bahkan jika dicampur dengan makanan barat sekalipun.

"Awalnya kita kepikiran, kok banyak makanan barat yang 'menjajah' para penikmat kuliner. Kemudian kita berinisiatif mengembangkan sebuah makanan dengan treatment khas masakan Nusantara. Karena jika masakan asing kemudian kita treatment masakan Nusantara rasanya lebih nendang, " ujar Gunadi.

Lantas, setelah melakukan beberapa pertimbangan, mereka bertiga memilih pasta. Kemudian pasta ini pun mencoba dieksplorasi dengan cara masak masakan khas Nusantara. Dengan harapan muncul rasa yang unik.  

"Akhirnya kita ketemu pasta dengan treatment masak khas masakan Nusantara. Yakni dengan cara dibakar dengan daun pisang, " urai Gunadi.

Putra Sulung Jokowi Gubran Rakabuming Raka buka usaha kuliner baru, Pasta Buntel (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Untuk rasanya, Gunadi bersama temannya menyediakan beberapa pilihan rasa. Yakni Pastèl (pasta buntèl) original ayam, original sapi, dan Pastèl Sambal Matah (sambal Bali).

"Harga pasta buntelnya Rp 13.000 untuk satu bungkusnya, " tutur dia.

Setelah 3 bulan menyapa lidah penikmat kuliner, ternyata pasta buntel mulai digemari. Bermodal promosi lewat media sosial, beberapa penikmat kuliner luar Solo mulai berdatangan. Dan, Gibran Rakabuming Raka tertarik dengan kuliner itu.

"Mas Gibran ngajak kerja sama saat 2 bulan setelah kita buka. Mas Gibran mau kerja sama mungkin karena keunikan makanan kita. Lagipula Mas Gibran saat ini sedang getol-getolnya membantu mengembangkan makanan kaki lima food street," jelas Gunadi.

Putra Sulung Jokowi Gubran Rakabuming Raka buka usaha kuliner baru, Pasta Buntel (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini