Sukses

'Papa Minta Saham' Jadi Isu Terpanas 2015 Versi LSI

Kasus Papa Minta Saham ini mengalahkan 4 topik panas lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus 'Papa Minta Saham' yang melibatkan mantan Ketua DPR Setya Novanto dinilai sebagai topik paling panas sepanjang 2015. Topik ini mengalahkan 4 topik panas lain seperti pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri, gejolak rupiah, bencana asap, dan eksekusi mati terpidana narkoba.

Akun sosial media Denny JA's World dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) setiap akhir tahun, dimulai tahun ini, akan memilih topik terpanas. Di tahun 2015, kasus 'Papa Minta Saham' yang terpilih.

"Kasus 'Papa Minta Saham' menyita perhatian dan implikasi politik praktis yang tak tertandingi oleh isu lainnya. Secara politik, kasus ini melibatkan pemimpin tertinggi pemerintahan di eksekutif, seperti dicatutnya nama presiden dan wakil presiden untuk meminta saham," ucap pendiri LSI, Denny JA, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (22/12/2015).

Pada 2015, Denny JA's World dan LSI memantau berbagai topik yang menjadi polemik di tengah masyarakat. Antuasiasme masyarakat untuk mendiskusikan topik-topik tersebut dapat dilihat dari banyaknya perbincangan baik di media massa maupun di media sosial. Topik-topik tersebut segera berubah menjadi ratusan judul berita, puluhan artikel, dan jutaan rekaman percakapan di sosial media menjadi viral atau trending topic.

Menurut Denny, kasus ini juga melibatkan elemen masyarakat penting lain, seperti pengusaha, civil society atau demonstrasi jalanan. Sekitar sebulan lebih lamanya kasus ini menjadi puncak perhatian tak tergantikan.

"Dari sisi publikasi, kasus ini menjadi headline berkali-kali. Di dunia social media, ia pun acapkali menjadi trending topic dan perdebatan emosional di antara netizen," papar Denny.

Ia menambahkan, kasus 'Papa Minta Saham' juga melibatkan pemimpin tertinggi legislatif atau ketua DPR dan bersidangnya Majelis Kehormatan Dewan. Ujung dari kasus ini juga mundurnya seorang ketua DPR yang tak pernah terjadi sepanjang sejarah politik Indonesia.

"Juga membuka tradisi yang baik untuk penguatan demokrasi. Setya Novanto ikut menumbuhkan tradisi mundurnya pejabat publik setelah ia terindikasi melakukan pelanggaran atas etika jabatan, apalagi melanggar kewenangan jabatan. Dengan mundur sedini mungkin aneka social cost yang mungkin timbul bisa diminimalisasi," ungkap Denny.

Denny JA's World dan LSI menggelar focus group discussion (FGD) untuk menentukan 5 topik paling panas sepanjang 2015. Dari FGD yang melibatkan para ahli di bidang survei opini publik, komunikasi massa, dan media strategis, disimpulkan bahwa 5 topik berikut ini merupakan topik paling panas sepanjang 2015:

1. Pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri (Januari-Februari 2015)
2. Hukum mati terpidana kasus narkoba (April-Mei 2015)
3. Gejolak nilai tukar rupiah (Agustus 2015)
4. Bencana asap Riau (Oktober 2015)
5. Kasus 'Papa Minta Saham' (Desember 2015)

Dari daftar pendek 5 topik terpanas tersebut, Denny JA's World dan LSI kembali melakukan FGD untuk menentukan Topic of the Year. Melalui diskusi tersebut, diputuskan bahwa kasus 'Papa Minta Saham' menjadi isu yang paling panas dan paling penting 2015. (*)

 

***Saksikan pula video skandal papa minta saham, berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.