Sukses

Jokowi Lantik 5 Pimpinan Baru KPK Siang Ini

Pengambilan sumpah pimpinan baru KPK rencananya digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo hari ini dijadwalkan melantik 5 pimpinan KPK terpilih. Mereka adalah Agus Rahardjo, Alexander Marwata, Basaria Padjaitan, Laode Muhammad Syarif dan Saut Situmorang.

Acara pengambilan sumpah rencananya digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Berdasarkan agenda yang diterima Liputan6.com dari Biro Pers Istana Kepresidenan, Senin (21/12/2015), acara pelantikan digelar pada pukul 13.30 WIB di Istana Negara.

Pada kesempatan itu, Jokowi akan mengambil sumpah Ketua KPK terpilih Agus Rahardjo dan 4 pimpinan yang telah menjalani proses pemilihan melalui sistem voting di Komisi III DPR pada 17 Desember 2015.

Berikut profil singkat kelima pimpinan baru lembaga antirasuah tersebut yang dihimpun Liputan6.com:

1. Agus Rahardjo (Ketua)

Calon Pimpinan KPK Agus Rahardjo Menunjukan Amplop yang berisi Makalah dan Nomer Urut saat mengikuti Uji Makalah dengan Komisi III DPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (4/12). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pria berusia 59 tahun ini terakhir menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP). Agus sudah berkarier di LKPP selama 10 tahun. Sebelumnya, ia merupakan Direktur Sistem & Prosedur Pendanaan, Bappenas.

Agus Raharjo adalah lulusan S2 Manajemen dari Arthur D Little Management Education Institute, Amerika Serikat.

2. Alexander Marwata

Calon Pimpinan KPK Alexander Marwata Menunjukan Amplop yang berisi Makalah dan Nomer Urut saat mengikuti Uji Makalah dengan Komisi III DPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (4/12). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Lelaki berusia 48 tahun terakhir menjabat hakim adhoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Ia juga pernah menjadi auditor ahli Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) periode 1989-2011.

Pendidikan terakhir Marwata adalah D-IV dari STAN Jakarta.

Marwata juga dikenal sebagai salah seorang hakim Tipikor yang kerap menyatakan dissenting opinion atau pendapat berbeda dengan hakim lainnya. Satu di antara kasus besar di mana ia menyatakan pendapat berbeda adalah perkara suap Pilkada Lebak, Banten, dengan terdakwa Ratu Atut Chosiyah.

3. Basaria Panjaitan

Salah satu calon pimpinan KPK, Brigjen Pol Basaria Panjaitan menjawab pertanyaan dari anggota Pansel KPK di Gedung Sekneg, Jakarta, Senin (24/8/2015). Panitia seleksi melakukan uji wawancara kepada 19 calon pimpinan KPK. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jenderal polisi bintang 2 atau inspektur jenderal ini terakhir menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Politik. Perempuan berusia 58 tahun ini adalah lulusan Magister Hukum Ekonomi UI.

Basaria adalah polwan pertama berpangkat inspektur jenderal. Ia pernah menjadi penyidik utama di Bareskrim Polri pada 2008.

4. Laode Muhammad Syarif

Calon Pimpinan KPK Saut Situmorang, Sujanarko, Robby Arya Brata, Basaria Panjaitan, Agus Rahardjo, Surya Tjandra, Johan Budi SP, Laode Muhamad dan Alexander Marwata foto bersama sebelum mengikuti uji makalah di Jakarta (4/12). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pria berusia 50 tahun ini adalah doktor hukum lingkungan hidup internasional lulusan Universitas of Sydney, Australia. Pekerjaan terakhir Laode adalah dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Ia juga tercatat sebagai Senior Adviser Partnership for Governance Reform in Indonesia. Laode merupakan Spesialis Pendidikan dan Pelatihan pada Proyek Pengendalian Korupsi Indonesia yang didanai oleh USAID.

5. Thony Saut Situmorang

Pimpinan KPK yang baru, Saut Situmorang saat memberikan pendapat dalam diskusi yang digelar di Jakarta, Sabtu (19/12/2015).  (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Lelaki berusia 56 tahun ini adalah doktor manajemen SDM dari Universitas Persada Indonesia. Pekerjaan terakhir Saut Situmorang adalah Staf Ahli Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Ia sudah bekerja selama 20 tahun untuk BIN.

Ia juga tercatat sebagai dosen Kajian Strategik Intelijen Pascasarjana Universitas Indonesia. Saut juga menjabat sebagai Direktur PT Indonesia Cipta Investama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi