Sukses

Dartam si Playboy Akhirnya Keluar dari Pasungan dan Dibawa ke RS

Dartam, mantan playboy Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Banyumas, Jawa Tengah kini berusia 57 tahun.

Liputan6.com, Purwokerto - Dartam, mantan playboy Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Banyumas, Jawa Tengah kini berusia 57 tahun. Selama 24 tahun terakhir hidupnya terpasung dalam gubuk sempit berukuran 1,5x1,5 meter.

Begitu sempitnya hingga kata gubuk pun sepertinya terlalu layak untuk menggambarkan tempat itu. Rumah yang dihuni Dartam lebih mirip kandang. Karena dia hanya bisa berjongkok di dalam tempat itu.

(Aris Andrianto/Liputan6.com)

Namun pemasungan Dartam hampir berakhir. Dia kini telah dibawa ke rumah sakit jiwa, RSUD Banyumas.

"Saya akan bantu perawatan di rumah sakit jiwa," kata Bupati Banyumas Achmad Husein di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (27/11/2015).

(Aris Andrianto/Liputan6.com)

Untuk memindahkan Dartam, satu tentara dan satu polisi ikut menjaga. Para tetangga membantu membongkar gubuk yang tidak ada pintunya itu sebelum bisa mengeluarkan dirinya.

Sementara Dartam yang masih berada di dalam kebingungan. "Saya mau dibawa ke mana? Saya tidak bisa berdiri," ujar Dartam merajuk.

Namun setelah dibujuk, dia akhirnya menurut juga. Namun benar saja, begitu keluar dari gubuk, dia tak mampu berdiri. Dartam hanya mampu berjongkok dan mematung.

Akhirnya dia dibawa dengan ambulans. Untuk mencapai kendaraan itu, Dartam ditandu menggunakan kursi plastik berwarna pink.

Sesampainya di ambulans, dia dipakaikan baju dan sarung.

Sukardi, adik ipar Dartam mengaku senang saudaranya akan diobati. Ia berharap, pemerintah berkomitmen menyembuhkan Dartam hingga sembuh.

"Semoga bisa pulih dan kembali ke masyarakat," doa Sukardi. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.