Sukses

Gus Yahya: Erick Thohir dan NU Berhasil Bangun Kerja Sama yang Bermartabat

Kerja sama NU dan Erick Thohir salah satunya menyasar di sektor ekonomi. Memasuki abad ke-2 NU, Menteri BUMN dan ormas Islam terbesar di Indonesia ini menggagas sebuah program bernama Badan Usaha Milik NU (BUMNU).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan NU telah membangun kerja sama yang bermartabat. Sejumlah kolaborasi telah dicanangkan untuk kepentingan umat.

Hubungan NU dan orang nomor satu di Kementerian BUMN itu memang terjalin sangat baik. Erick Thohir bahkan diberikan kepercayaan untuk menakhodai kegiatan akbar Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU.

“Erick Thohir, Menteri BUMN, saya bilang bagi NU, kemandirian itu penting. Tapi, mandiri tidak berarti mengerjakan semuanya sendirian. Saya berpikir tentang membangun kerja sama yang bermartabat,” ujar Gus Yahya dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat (10/2/2023).

Gus Yahya mengatakan bahwa Erick Thohir juga merupakan bagian dari keluarga besar NU. Eks Presiden Inter Milan itu tercatat sebagai anggota kehormatan Banser Ansor yang merupakan organisasi pemuda NU.

Menurut Gus Yahya, sosok berkompeten seperti Erick Thohir sangat dibutuhkan oleh NU. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan Erick Thohir dipercaya menjadi Ketua Pengarah Harlah 100 Tahun NU.

“Kalibernya, orang sudah tahu. Makanya acara-acara terkait peringatan 1 Abad NU lancar,” katanya.

Kerja sama NU dan Erick Thohir salah satunya menyasar di sektor ekonomi. Memasuki abad ke-2 NU, Erick Thohir dan ormas Islam terbesar di Indonesia ini menggagas sebuah program bernama Badan Usaha Milik NU (BUMNU).

Total sebanyak 250 BUMNU siap dibangun untuk memajukan ekonomi umat. Nantinya BUMNU bakal menyediakan produk dengan harga bersaing, memberikan dukungan penuh kepada pedagang kecil, UMKM, pengecer, dan konsumen ritel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Sukses Komandoi Harlah 1 Abad NU

Sebelumnya diberitakan, konsep yang digagas Erick Thohir pada acara puncak Hari Lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) dinilai memiliki makna sejarah yang mendalam. Erick Thohir diakui berhasil menyajikan tontonan yang spektakuler pada hari besar NU tersebut.

Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengaku kagum dengan gagasan yang dihadirkan Erick Thohir pada Harlah 100 tahun NU. Bahlil menyebut Erick Thohir sangat sukses mengomandoi kegiatan Harlah NU.

“Acara yang menurut saya punya makna sejarah yang dalam. Tentang bagaimana peran NU dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa,” ujar Bahlil.

Menurut Bahlil kesuksesan kegiatan Harlah NU tak kepas dari tangan dingin Erick Thohir. Menurutnya Eks Presiden Inter Milan itu memang sangat piawai dalam merealisasikan berbagai kegiatan.  

“Karena ketua panitia satu abadnya Pak Erick. Kalau tidak susah juga acara ini. Tapi tadi top deh, top top,” tuturnya.

Sementara itu, Erick Thohir mengatakan bahwa NU telah hadir pada berbagai zaman. Hingga kini Erick Thohir menyebut NU tetap relevan meski zaman telah berganti.

“NU sudah berdiri melintasi zaman. Sejak masa penjajahan, kemerdekaan, reformasi, hingga kini di era digital. NU tetap relevan dan dicintai. Para tokoh pendiri NU telah membuat fondasi kokoh,” kata Erick Thohir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.