Sukses

HUT Ke-21, AJI Gelar Festival Media di Atmajaya

Acara festival media ini terbuka untuk umum dan gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menggelar agenda tahunan berupa festival media. Acara tersebut sebagai rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun AJI ke-21 tahun ini.

Ketua Umum AJI Suwarjono mengatakan tema yang diambil dalam festival media pada 2015 ini adalah "Cerdas Memilih Media".

Tema itu dipilih karena pihaknya menyadari berjibunnya informasi yang datang kepada publik melalui berbagai platform dan beraneka perangkat. Isi informasi yang tersedia saat ini pun sangat beragam, dengan kredibilitas sumber juga berbeda-beda.

"Melalui festival media ini, AJI berharap masyarakat semakin cerdas memilih sumber informasi, bisa memilih mana yang berdasarkan fakta dan yang bukan," kata pria yang akrab dipanggil Jono itu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/11/2015).

Pada penyelenggaraan Festival Media ini, AJI bekerja sama dengan Universitas Atmajaya Jakarta. Acara ini digelar 14-15 November 2015 dan dipusatkan di Kampus Unika Atmajaya, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 51, Jakarta Pusat.

"Rangkaian kegiatan festival media ini berupa pameran, talkshow, workshop, serta ada aneka perlombaan," ujar Jono.

Berbagai Acara

Jono menambahkan AJI pernah menggelar acara serupa sebelumnya. Yakni di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Para peserta festival media ini berasal dari kalangan media, mahasiswa, masyarakat umum dan anggota AJI dari berbagai kota di Indonesia.

Pada acara ini, ada sejumlah stan media dan AJI dari berbagai kota, misalnya AJI Kota Manado, AJI Kota Padang, dan AJI Jakarta. Mereka menampilkan produk-produk mereka hasil karyanya seperti kaos-kaos bertuliskan kutipan dari beberapa tokoh nasional atau kalimat-kalimat terkait isu terkini.

Sementara untuk talkshow dan workshopnya antara lain bertemakan 'Menjadi Presenter' bersama Najwa Shihab dan Aiman, 'Monetize Your Video', 'Kelas Menulis Blog', 'Berkembang Bersama E-Commerce', 'Drone Journalism', 'Menulis Kreatif' bersama Okky Madasari, 'Kelas Menulis Opini', 'Kelas Dokumenter Kreatif', 'Fotografi Menggunakan Gadget', 'Penggunaan Open Data dalam Peliputan Investigasi', dan 'Monetizing Online Media'.

"Tema diskusinya antara lain 'Masa Depan Media dan Nasib Jurnalis', 'Keamanan di Era Digital dan Ancaman terhadap Privasi', dan 'Tantangan Kode Etik di Era Digital'," ujar dia.

Adapun perlombaannya masing-masing Lomba Jurnalis Cilik, Lomba Photo on Location, Lomba Stand Up Comedy, Lomba Menulis Kreatif "Mana Indonesiamu", Lomba Penulisan Online Pers Mahasiswa, Apresiasi Jurnalis Jakarta, dan Stan Terbaik untuk AJI Kota.

Acara festival media ini terbuka untuk umum dan gratis. Sebagian besar acara dilaksanakan secara paralel dalam ruangan terpisah.

Sementara publik yang ingin berpartisipasi dalam festival media ini bisa mendaftarkan diri melalui email fesmedjakarta2015@gmail.com atau langsung mendaftar melalui website http://festival-media.aji.or.id/. (Mvi/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.