Sukses

Menpora Lepas Kapsul Waktu di Solo

Kapsul waktu itu berisi surat tentang mimpi-mimpi yang telah ditorehkan warga Indonesia.

Liputan6.com, Solo - Tim Ekspedisi Kapsul Waktu kembali melanjutkan perjalanan menuju Semarang, Jawa Tengah, setelah sempat singgah semalam di kota Solo. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nachrowi melepas langsung pemberangkatan tim tersebut di Balaikota Solo.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (6/11/2015), kapsul waktu yang berwarna chrome diletakkan di depan Pendhapi Gede Balaikota Solo. Sebelum dilepas menuju tujuan kota selanjutnya, sejumlah pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkot Solo terlihat melihat dan mengabadikan kapsul waktu yang berisi impian-impian serta harapan warga Indonesia.

Prosesi upacara pelepasan Tim Ekspedisi Kapsul Waktu dihadiri Menpora Imam Nachrowi, anggota DPR dari Fraksi PDIP Aria Bima dan Pejabat Walikota Solo Budi Suharto.

Dalam sambutannya, Imam Nachrowi mengatakan, kapsul waktu itu berisi surat tentang mimpi-mimpi yang telah ditorehkan warga Indonesia. Mimpi-mimpi yang telah ditulis itu selanjutnya menjadi tekad serta niat suci untuk membangun Indonesia yang lebih sejahtera.

"Mimpi kita adalah Indonesia menjadi negara besar yang disegani. Selain itu, rakyat makmur dan sejahtera," harap dia yang disambut tepuk tangan ratusan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkot Solo.

Menpora melepas ekspedisi kapsul waktu (Liputan6.com/ Reza Kuncoro)

Sedangkan terkait mimpinya sebagai pejabat Menpora, Imam berharap, Indonesia kelak bisa menjadi juara dunia sepakbola serta menjadi juara dunia bulutangkis.

"Itu semua mimpi. Jadi dengan semangat dan niatan kita semua, kita berharap semua impian itu akan terwujud," ucap Imam.

Dia mengatakan, Tim Ekspedisi Kapsul Waktu telah dilepas Presiden Joko Widodo di Sabang, Acah pada  Maret 2015. Kapsul waktu akan melintasi semua provinsi di Indonesia untuk menghimpun mimpi-mimpi bangsa Indonesia. Selanjutnya kapsul waktu tersebut akan dibuka pada tahun 2085 di Merauke.

"Tim ekspedisi akan melintasi mulai dari Sabang hingga Merauke. Setelah dari Solo akan melakukan perjalanan ke kota lainnya di Jawa Tengah," jelas dia.

Dalam kesempatan tersebut, Menpora Imam Nachrowi didaulat untuk melepas Tim Ekspedisi Kapsul Waktu di Balaikota Solo. Pelepasan rombongan kapsul waktu dilakukan dengan mengibarkan bendera. Selanjutnya tim tersebut akan bergerak menuju Boyolali dan Semarang.‎ (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini