Sukses

Pengamat UI: Jika PAN Masuk Kabinet, Pemerintahan Makin Solid

masuknya partai pimpinan Zulkifli Hasan itu akan membuat stabilitas politik membaik sehingga aktivitas ekonomi kembali nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Isu reshuffle jilid II terus bergulir. Kursi panas itu disebut-sebut akan diberikan kepada Partai Amanat Nasional (PAN) yang sempat mengikrarkan diri mendukung pemerintahan Jokowi-JK.

Langkah pemerintahan untuk menarik PAN di kabinet dinilai baik oleh akademisi Universitas Indonesia, Berly Martawardaya.

Menurutnya, masuknya partai pimpinan Zulkifli Hasan itu akan membuat stabilitas politik membaik sehingga aktivitas ekonomi kembali nyaman.

"Dengan masuknya PAN, maka politik pemerintahan makin solid. Hal ini tidak menambah guncangan politik sehingga pemerintah susah fokus di ekonomi. Selain itu, suara PAN di DPR membuat suara partai pendukung pemerintah berjumlah lebih dari setengah. Ini membuat kebijakan pemerintah bisa berjalan," ujar Berly dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Selain itu, pengamat ekonomi itu menilai PAN tidak akan menganggu jalannya pemerintahan Jokowi-JK. Sebab, partai berlambang matahari terbit itu, mempunyai track record yang baik sebagai anggota koalisi.

"Selama ini PAN merupakan anggota koalisi yang baik. Tidak pernah mengganggu di dalam. PAN juga banyak ekonom-ekonom baik, seperti di era SBY yaitu menggandeng Hatta Radjasa," kata Berly. (Ron/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini