Sukses

Pesawat Aviastar Hilang Kontak di Ketinggian 8 Ribu Kaki

Petrus menuturkan, pada pukul 14.36 WIT pilot mengabarkan bahwa pesawat berada di ketinggian 8.000 kaki dan akan mengarah ke Makassar.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Otter Aviastar rute penerbangan Masambaa menuju Makassar, Sulawesi Selatan hilang kontak pada Jumat sore.

Sebelum dinyatakan menghilang, pesawat yang mengangkut 7 penumpang dan 3 awak itu sempat mengontak otoritas pengawas lalu lintas udara atau Air Traffic Control (ATC) di Ujung Pandang. Kapten Pilot Afriadi mengabarkan pesawat berada di ketinggian 4.500 kaki.

"Pada saat berangkat, mereka sempat 2 kali mengadakan kontak dengan Ujung Pandang info, pada pukul 14.33 WIT, mereka berada di 4.500 kaki," kata General Manager Commercial and Bussines Development Aviastar, Petrus Budi Prasetyo saat menyampaikan keterangan persnya di kantor Aviastar, Kalimalang, Jakarta Timur, Jumat malam (2/10/2015).

Petrus menuturkan, pada pukul 14.36 WIT pilot kembali mengabarkan bahwa pesawat berada di ketinggian 8.000 kaki dan akan mengarah ke Makassar.

"Mereka juga akan menyampaikan akan melaporkan kemudian posisinya pada pukul 15.15 WIT atau sekitar 60 nautical mile dari Ujung Pandang," tutur Petrus.

Namun, hingga pukul 15.15 WIT pilot pesawat tak kunjung melaporkan keberadaan mereka di udara. Alhasil, ATC langsung melakukan kontak dengan pilot tetapi tidak direspon. ATC berkesimpulan pesawat dengan nomor penerbangan MV 7503 itu hilang kontak.

"Sehingga lebih daripada waktu kedatangan yang sudah seharusnya mereka sampai, tetapi tidak ada kabar. Malah teman-teman kami di Makassar mengabarkan berita tersebut kepada kami, dan kita tindaklanjuti untuk koordinasi dengan pihak terkait," ucap Petrus.

Sebelumnya, pesawat Twin Otter Aviastar hilang kontak. Pesawat itu berangkat dari Bandara Andi Jemma Masambaa, Luwu Utara, Sulawesi Selatan pukul 14.25 Wita menuju Makassar. Pesawat tersebut membawa 7 penumpang dan 3 kru.

Kapolres Luwu Utara AKBP Muhamad Endro menjelaskan, 11 menit setelah take off, pesawat hilang kontak dari menara pemantau Bandara Andi Jemma Masamba.

"Waktu tempuh penerbangan yang biasanya dari Bandara Andi Jemma Masamba ke Makassar selama 70 menit (1 jam 10 menit). Sehingga semestinya tiba di Makassar pada pukul 15.35 Wita," kata Endro.

Pesawat jenis PKBRM/DHC6 milik Aviastar dengan nomor penerbangan MV 7503 diterbangkan oleh Kapten Iri Afriadi, Kopilot Yudhistira, dan teknisi Sukris. (Ron/Nda)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.