Sukses

Gerimis, Kabut Asap Riau Menipis

Tumpahan air tersebut cukup untuk membersihkan udara berselimut kabut.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan mengguyur Kota Pekanbaru, Riau yang tengah diselimuti kabut asap sejak dini hari tadi. Tumpahan air tersebut cukup untuk membersihkan udara berselimut kabut.

"Alhamdulillah, hujan gerimis turun dini hari tadi sampai pagi ini. Lumayan lah, seperti bisa bernapas. Karena dalam beberapa pekan terakhir yang kami hirup adalah udara bercampur asap," ujar seorang warga kawasan Panam Pekanbaru, Rika Indah (29).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyebutkan, gerimis tersebut membuat jarak pandang wilayah Pekanbaru pada pukul 07.00 WIB membaik menjadi 1.500 meter.

Sedangkan wilayah Dumai yang semula jarak pandangnya 3 ribu meter kini menjadi 2 ribu.

Namun hal itu tidak berlaku untuk wilayah Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu dan sekitarnya itu masih diselimuti kabut asap kebakaran lahan dan hutan di Sumarea yang otomatis membuat jarak pandang menjadi 500 meter saja.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi mengatakan, secara umum cuaca pada wilayah Provinsi Riau cerah berawan disertai kabut asap kebakaran hutan dan lahan di Sumatera.

Peluang hujan dengan intensitas ringan terjadi tidak merata pada siang hari atau sore hari di wilayah Riau bagian utara, tengah, dan pesisir timur.

Kelembaban udara juga dinilai cukup bagus. Terutama pada sore hari ini dengan maksimal 92-98 persen dan kelembaban udara minimal 48-53 persen sampai satu hari ke depan saat sore hari.

"Ada peluang hujan karena udara cukup lembab dengan intensitas cukup lumayan, kalau di lihat dari modis. Tetapi karena asap, sehingga penguapan jadi kendala. Potensi hujan turun pada sore atau malam hari, namun Jumat dan Sabtu itu, kering lagi," pungkas Slamet. (Ant/Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini