Sukses

Ada Rapat Wanjakti, Kapolri Belum Tahu Posisi Komjen Buwas

Badrodin menjelaskan, setiap pergeseran anggota ataupun perwira tinggi Polri, dipastikan bukan karena kasus tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti belum bisa memastikan, apakah akan mencopot atau menggeser Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso atau Buwas. Sebab sampai saat ini, belum ada keputusan terkait posisi Buwas.

Kendati demikian, Badrodin mengatakan, Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) tengah bersidang.

"Saya kan enggak tahu. Kita kan sedang membahas Wanjakti untuk para pati-pati Polri," kata Badrodin di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Badrodin menjelaskan, setiap pergeseran anggota ataupun perwira tinggi Polri, dipastikan bukan karena kasus tertentu. Jadi, mutasi jangan dikait-kaitkan dengan pengusutan kasus yang tengah berjalan.

"Mutasi biasa. Saya juga bisa dimutasi setiap saat, Waka juga bisa, Kabaintel, Kabareskrim, pejabat utama kan enggak ada masalah itu," tutur dia.

Soal kinerja Buwas, Badrodin enggan menanggapi lebih jauh. Yang pasti di dalam sidang Wanjakti, semua anggota Polri memiliki kelebihan dan kekurangan. Semua penilaian itu juga sudah memiliki tolak ukur.

"Kira-kira kan saya belum tahu, kalau belum ada keputusan, ya belum tahulah. Ya itu sudah ada mekanismenya, kita sudah punya tolak ukur untuk itu," pungkas Badrodin.

Wacana pencopotan Komjen Pol Budi Waseso sebagai Kabareskrim Polri terus menguat sejak Juli lalu. Belakangan, Komjen Pol Saud Usman Nasution disebut-sebut bakal bertukar posisi jabatan dengan perwira yang akrab disapa Buwas itu. Sebaliknya, Budi Waseso menempati Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). (Rmn/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini