Sukses

Asap Masih Tebal, Belasan Penerbangan Tertunda

Tiga pesawat nekat terbang dari Pekanbaru, penerbangan lainnya masih terkendala kabut asap.

Liputan6.com, Pekanbaru - Jadwal penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru kembali kacau, Rabu (2/9/2015). Dari pagi hingga siang hanya tiga pesawat yang nekat terbang, sementara sisanya menunda penerbangan sampai kabut asap di lintasan bandara hilang.

Menurut Airport Duty Manager SSK II Toni Hendrik, jarak pandang di lintasan di bawah 1.000 meter. Hingga siang kabut masih tebal dan tak bergerak karena memang tidak angin yang membawanya pergi. "Asap tak berhembus ke luar dari lintasan bandara," kata Toni dikonfirmasi wartawan.

Menurut Toni, jarak pandang aman untuk melakukan penerbangan di atas 1.000 meter. Angka ini sebenarnya belum normal, tapi tergantung keberanian dari pilot. "Namun, kondisi jarak pandang di lintasan kian memburuk. Pada siang ini saja, jarak pandang terus menurun hingga berkisar 700 meter," ujarnya.

Akibat kondisi ini, dari pagi hingga siang hanya tiga pesawat yang berani terbang. Diantaranya maskapai Firefly dari Malaysia. Begitu mendarat, pesawat ini kembali terbang. "Kemudian ada Lion Air dan Garuda yang terbang tadi pagi. Kedua pesawat ini sebelumnya memang menginap di bandara," ungkap Toni.

Selain itu, belasan penerbangan, baik itu kedatangan maupun keberangkatan, menunda keberangkatannya. Belasan penerbangan itu dari lima maskapai yakni Garuda Indonesia,  Lion Air, Susi Air, Sriwijaya Air, dan Air Asia. "Tujuannya beragam mulai dari Batam hingga ke Jakarta," kata Toni. (Hmb/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini