Sukses

Jokowi Lepas Kontingan Pramuka ke Jambore Dunia

Jambore yang diikuti anggota Pramuka dari tingkat penggalang dan penegak tersebut bakal dilaksanakan pada 28 Juli-8 Agustus 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melepas keberangkatan 462 delegasi Gerakan Pramuka Indonesia yang akan mengikuti Jambore Pramuka Dunia XXIII di Kirarahama, Yamaguchi, Jepang. Jambore yang diikuti anggota Pramuka dari tingkat penggalang dan penegak tersebut bakal dilaksanakan pada 28 Juli-8 Agustus 2015.

Dalam sambutannya, pria bernama lengkap Joko Widodo yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka Indonesia itu menyampaikan ucapan selamat berjuang kepada para delegasi. Dia pun tak lupa memberikan semangat. ‎

"Adik-adikku semuanya yang mendapatkan amanah sebagai duta Indonesia, membawa nama baik, membawa citra, membawa wajah Indonesia dan sesungguhnya semangat ke-Indonesiaan yang ingin kita bangun sesuai dengan semangat yang diusung oleh Jambore Dunia tahun 2015 ini yang mengangkat tema dalam bahasa Jepang 'Wa' atau semangat kesatuan,"‎ ujar Jokowi di di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

"Adik-adikku, semuanya harus tampil menunjukkan bahwa kita memiliki jiwa berbangsa. Tunjukkan jati diri, tunjukkan karakter, tunjukkan profesionalitas sebagai Pramuka Indonesia," imbuh dia. ‎

Selain itu Jokowi juga meminta mereka untuk menampilkan seni budaya yang menunjukkan nilai-nilai keseragaman Indonesia di Jambore Dunia.

"Nilai yang terkandung dalam semangat itu bukan hal baru bagi bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia sudah memiliki apa yang disebut dengan Bhinneka Tunggal Ika yang telah lama menjadi filosofi berbangsa dan bernegara. Yang menjadi perekat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia sampai saat ini," ucap dia. ‎

Presiden Jokowi (kanan) menyerahkan bendera merah putih kepada Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault saat pelepasan 462 kontingen Pramuka Indonesia yang akan mengikuti Jambore Pramuka Dunia ke-23, Jakarta, Jumat (24/7). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Foto Bersama
‎‎
Jokowi berharap, para anggota Pramuka tersebut dapat menjadi duta bangsa yang mengharumkan nama bangsa dan menjadi Gerakan Pramuka Indonesia menjadi yang terbaik di dunia. ‎

"Saya percaya bahwa jiwa juang Pramuka Indonesia tidak kalah dengan gerakan kepanduan dari negara mana pun. Tunjukkan dengan penuh keyakinan diri, dengan penuh kebanggaan, dengan penuh kecintaan kepada negara dan bangsa, bahwa Gerakan Pramuka Indonesia adalah salah satu gerakan kepanduan terbaik di dunia,"‎ kata Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu juga berpesan agar sepulangnya mereka dari mengikuti Jambore Dunia nanti kembali berbaur dengan masyarakat.

"Sebarkan dan sampaikan nilai-nilai positif, dari pesan yang terkandung dari semangat kesatuan, agar nilai-nilai positif itu hidup terus, di dalam hati setiap generasi muda di seluruh Indonesia," pungkas Jokowi.

Setelah menyampaikan pidatonya, Jokowi dan ratusan anggota Pramuka tersebut foto bersama. (Ndy/Sss)

Presiden Jokowi berbincang dengan anggota delegasi gerakan Pramuka Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/7). 462 kontingen Pramuka Indonesia akan berkiprah di Jambore Dunia ke-23 di Kirarahama, Yamaguchi, Jepang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini