Sukses

JK: Pengadaan Alutsista Baru Perlu Perhatikan 3 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Jatuhnya pesawat Hercules C-130 bernomor registrasi A-1310, di Medan, Selasa 30 Juni dinilai menjadi momentum untuk pengadaan alat utama sistem pertahan (alutsista) baru. Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menilai pengadaan perlu memperhatikan 3 hal.

"‎Kan butuh perhitungan butuh anggaran, negosiasi, dan butuh juga pemilihan jenis-jenis yang baik‎," kata JK, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (1/7/2015).

‎Menurut JK, lebih baik menggunakan pesawat yang sudah ada tapi merawatnya dengan baik. Meski berkata demikian, ia menegaskan pemerintah akan terus memperbaharui alutsista TNI.

"Ya pastilah, pastilah, pada waktunya, tidak mungkin selama satu abad (tidak beli alusista baru). Jadi pastilah diganti pada waktunya sesuai kebutuhan dan anggaran yang ada," tutur dia.

JK juga menjelaskan, pesawat Hercules bisa dipakai puluhan tahun karena termasuk pesawat pengangkut, bukan pesawat tempur. Pesawat tersebut layak dipakai selama dilakukan perawatan berkala.

"Bodinya boleh 50 tahun, bodinya saja, tapi mesin-nya sudah ganti 5 kali, selalu begitu," kata JK.

‎"Walaupun Anda punya mobil atau pesawat umurnya 5 tahun tapi tidak dipelihara tetap mogok juga kan. Tapi walaupun umurnya tua, perawatannya baik, jalan itu," tambah Jusuf Kalla. (Mvi/Ein)

Bus Tabrak Jurang di Makedonia, 13 Tewas

Tutup Video