Sukses

Gubernur Sulsel Sajikan 'Ikan Setan' untuk Jokowi

Liputan6.com, Makassar - Menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Makassar, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyajikan kuliner khas Sulsel, ikan Escolar atau ikan setan. Jokowi ke Makassar dalam rangka meresmikan pembangunan pelabuhan baru.

"Ikan Escolar akan kita sajikan buat Presiden Jokowi, Jadi selain ikan Kudu-kudu, ikan Baronang yang istimewa ada ikan Escolar yang sangat langka," kata Syahrul di Makassar, Jumat (22/5/2015).

Ia mengungkap, Sulsel memiliki banyak makanan khas termasuk ikan Escolar. Jenis ikan itu juga dapat disajikan dalam berbagai jenis makanan, di antaranya masakan palumara.

Ikan Esco‎lar dikenal sebagai ikan yang cukup langka karena hanya banyak ditemukan di perairan Sulsel. Khususnya di daerah Takabonerate perairan Kepulauan Selayar.

Ikan ini terkenal dengan ciri agresif. Jika terkena kail pancing ikan ini akan mengamuk sangat dahsyat. Jenis ikan Escolar jika sudah bobotnya besar juga terkadang mengancam nelayan karena perahu nelayan dapat diseret hingga ke dasar laut.

Selain ciri itu, masyarakat kepulauan Selayar mengenal nama lain ikan escolar dengan nama ikan Opu atau ikan yang dihidangkan ke raja-raja atau bangsawan.

"Dahulunya ikan ini disajikan dalam berbagai kegiatan seperti hajatan para raja-raja atau bangsawan sehingga disebut ikan raja-raja atau ikan opu," tukas Syahrul.‎ (Mut)