Sukses

Ini 3 Titik Aksi Massa Rayakan Harkitnas Rabu Besok

Polisi akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah titik.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro  Irjen Pol Unggung Cahyono mengungkapkan ada sekitar 2.000 orang yang akan tumpah ruah merayakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada Rabu 20 Mei 2015. Mereka akan berkumpul di 3 titik.

"Saya imbau untuk menghindari HI (Hotel Indonesia), depan Istana Merdeka, depan Gedung DPR/MPR/DPD," ujar Unggung usai menggelar pasukan pengamanan Harkitnas 2015 di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Unggung menambahkan, pihaknya akan melakukan pengalihan arus lalu lintas. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Gatot Subroto menuju Slipi akan diluruskan ke dalam tol dan keluar di gerbang Tol Senayan II. Sedangkan dari arah Blok M ke Slipi akan dibelokkan ke Jalan Pakubuwono lalu ke Jalan Pintu I Senayan.

Selanjutnya, kendaraan yang akan melewati Bundaran HI akan dibelokkan ke daerah sekitarnya. "Pengalihan arus di Bundaran HI bersifat situasional," ucap dia.

Sementara itu, kendaraan yang hendak melintas dari arah Harmoni ke arah Istana Merdeka dan Bundaran HI akan dialihkan ke Jalan Insinyur Juanda. Dan yang datang dari arah Jalan Veteran menuju Istana akan dialihkan ke Medan Merdeka Utara, tepatnya melewati Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

"Rekayasa arus lalu lintas di Bundaran HI bersifat situasional. Kendaraan yang datang dari arah Gatot Subroto akan dialihkan ke Dukuh Atas lalu masuk Menteng. Untuk kendaraan yang mengarah ke Istana, dari Hayam Wuruk dibelokkan ke Jalan Juanda dan yang dari arah Jalan Veteran dibelokkan ke kiri, depan Kemendagri," jelas Unggung.

Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) AKBP Warsinem menyampaikan, tempat Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat juga akan menjadi titik demonstrasi para mahasiswa. Pihaknya menyarankan warga untuk berangkat lebih pagi atau menghindari lokasi itu sekitar pukul 08.00 hingga 09.00 WIB.

"Kami memperkirakan saat itu terjadi gangguan arus lalu lintas. Penutupan jalur sekitar Tugu Proklamasi itu situasional. Apabila masih bisa dialirkan, akan dialirkan. Tapi bila sudah tak bisa, baru ditutup," ucap Warsinem saat dihubungi.

Dia juga menjelaskan, lalu lintas dari Jalan Pramuka menuju Tugu Proklamasi akan dialihkan ke Jalan Salemba Raya atau ke Jalan Tambak.

"Kendaraan dari Manggarai menuju Tugu Proklamasi akan diarahkan menuju Jalan Salemba Raya. Untuk mengantisipasi kebingungan pengendara yang datang dari arah Manggarai dan Pramuka, nanti akan ada petugas di flyover Matraman untuk mengarahkan mereka," tutup Warsinem. (Ali/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.