Sukses

Rayakan Lulus SMA, Siswa Pakai Kebaya dan Bagikan Nasi Bungkus

Para siswa di Yogyakarta memakai kebaya dan membagikan nasi bungkus saat pengumuman kelulusan SMA. Ini untuk mencegah konvoi di jalanan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Para siswa SMA Islam 1 Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta hari ini hadir ke sekolah dengan mengenakan pakaian adat jawa yaitu surjan untuk laki-laki dan kebaya untuk wanita.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (15/5/2015), langkah mewajibkan siswa mengenakan pakaian adat saat pengumuman kelulusan dilakukan untuk mencegah aksi konvoi.

Tak hanya itu, mengenakan pakaian adat sekaligus melestarikan budaya. Selanjutnya siswa menyerahkan seragam sekolah mereka untuk disumbangkan kepada siswa tidak mampu yang membutuhkan.

Cara unik lain untuk merayakan kelulusan juga dilakukan para siswa kelas Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Wates, Kabupaten Kulonprogo. Mereka membagikan 2.500 nasi bungkus kepada setiap orang yang dijumpai. Mulai dari tukang becak, buruh gendong, maupun orang yang membutuhkan.

Kegiatan ini dipilih karena lebih simpatik dibandingkan harus konvoi di jalanan yang mengganggu para pengguna jalan. (Vra/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.