Sukses

Dubes RI untuk Pakistan Jalani Operasi Luka Bakar di Singapura

Menlu ke Singapura mengunjungi Dubes Burhan Muhammad yang menjadi salah satu korban helikopter di Pakistan.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Republik Indonesia untuk Pakistan Burhan Muhammad kini dirawat di Singapura karena luka bakar yang cukup parah. Burhan menjadi salah satu korban dalam kecelakaan helikopter di Pakistan pekan lalu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, pemindahan Burhan ke Singapura, karena fasilitas yang memadai dan lebih baik.

"‎Singapura memiliki pertolongan cukup baik untuk masalah (luka bakar) ini," kata pria yang akrab disapa Tata ini di Kemenlu, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Tata menambahkan, Burhan hari ini menjalani operasi terhadap luka bakar yang ddideritanya. "Hari ini Dubes Burhan menjalani operasi pertama. Dan melakukan pengobatan beberapa bagian dari luka bakar," ucap Tata.

Menlu Jenguk Dubes Burhan

Tata juga mengatakan, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menjenguk Burhan Muhammad di Singapura.
‎
"Dubes tiba di Singapura 12 Mei pukul 11.00 setempat. Menlu mdlakukan perjalanan ke Singapura. Mengunjungi Dubes Burhan Muhammad yang menjadi salah satu korban helikopter di Pakistan," ucap dia.

Dia menjelaskan, Burhan sebelumnya dirawat di rumah sakit di Pakistan. Namun, karena luka bakar yang dideritanya cukup parah, maka Burhan dirujuk ke Singapura yang memiliki fasilitas kedokteran untuk penanganan luka bakar yang sangat baik.‎
‎
"Dibawa ke General Hospital Singapore, pertama, mengingat keadaan luka Dubes Burhan cukup parah. Singapura memiliki pertolongann cukup baik untuk masalah (luka bakar) ini," kata Tata.

Alasan kedua, lanjut Tata, dipindahkan ke Singapura juga agar keluarga dapat mendampingi karena lokasinya tidak jauh dari Indonesia.

Dubes Burhan dipindahkan ke Singapura pada Senin 11 Mei 2015. ‎Burhan sebelumnya ‎dirawat di The Combiner Militery Hospital, wilayah Gilgit-Baltistan‎.

‎4 helikopter militer Pakistan yang membawa sejumlah diplomat asing, termasuk Dubes Indonesia untuk Pakistan Burhan Muhammad, sedang menuju acara peluncuran proyek wisata di negeri itu. Salah satu Heli kemudian mengalami kecelakaan dan jatuh di Lembah Naltar pegunungan Gilgit-Baltistan sekitar 300 kilometer sebelah utara Ibukota Pakistan, Islamabad.

Kecelakaan heli ini mengakibatkan enam orang tewas. Termasuk Duta Besar Norwegia dan Filipina serta istri Duta Besar Malaysia dan Indonesia. Sementara Dubes Indonesia, Burhan Muhammad selamat dari kecelakaan dan mengalami luka. Kini Burhan dan korban selamat lainnya tengah mendapat perawatan intensif di rumah sakit.‎ ‎(Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini