Sukses

Dengan Save Coral Reef, Marinir Ingatkan Manfaat Terumbu Karang

Adanya terumbu karang, kata Brigjen Trusono, begitu penting bagi ekosistem. Pasalnya, terumbu karang mengandung banyak manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kunjungannya ke Liputan6.com, Komandan Pasukan Marinir 2 Brigadir Jenderal TNI (Mar) RM Trusono menyampaikan betapa pentingnya terumbu karang bagi kehidupan manusia.

Karena dasar itulah melalui prakarsa dari Komandan Korps Marinir TNI AL Brigadir Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana, Korps Marinir meluncurkan program Save Coral Reef.

Menggandeng media-media yang berada dalam naungan EMTEK grup seperti SCTV, Indosiar, O Channel dan Liputan6.com, Koprs Marinir mencoba membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap terumbu karang.

Menurut Brigjen Trusono, program Save Coral Reef bukan berarti hanya menyelamatkan. Tapi, di dalamnya ada kegiatan menanam kembali terumbu karang.

Adanya terumbu karang, kata Brigjen Trusono, begitu penting bagi ekosistem. Pasalnya, terumbu karang mengandung banyak manfaat.

"Kita akan bisa menengok bagaimana peran terumbu karang terhadap berbagai perubahan iklim seperti saat ini pemanasan global dan bagaimana perannya dalam ketahanan pangan khususnya protein," kata Trusono dalam wawancara khusus dengan Liputan6.com, Rabu (13/5/2015).

Karena itu, dalam acara save coral mereka siap melakukan gebrakan. Terobosan itu dilakukan dengan menanam terumbu karang baru dari Sabang sampai Marauke.

Dengan 22 titik penanaman terumbu karang, ujar Trusono, maka akan tumbuh satu juta terumbu karang baru di seluruh perairan Indonesa. (Ger/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.